Buka Lomba Mewarnai, Irwan Minta Generasi Muda Jaga Ketersediaan Air

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka lomba menggambar tingkat SD se-Kota Padang
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka lomba menggambar tingkat SD se-Kota Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka lomba menggambar tingkat SD se-Kota Padang dalam rangka memperingati hari air dunia ke- XXIV di Kantor Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat, Kamis, 7 April 2016.

Dalam sambutannya, Irwan mengatakan setiap generasi muda mulai dari TK, SD, SMP dan SMA dapat memahami implementasi penggunaan air dan menjaga sumber air di masa yang akan datang untuk diwariskan ke generasi penerus.

baca juga: Diprotes Warga Soal Pencarian Korban Tenggelam di Pessel, Ini Kata BPBD dan Basarnas

“Air merupakan sumber kehidupan manusia, untuk itu kita berharap semoga kegiatan ini dapat menyadarkan generasi muda kita untuk mengetahui pentingnya air, bagaimana menghemat air dan menjaga ketersediaan air,” ungkap Irwan.

Ia menjelaskan, hampir setengah pekerjaan di dunia (1,5 milyar orang) bekerja pada sektor yang berhubungan dengan air dan hampir semua pekerjaan bertumpu dengan air. Maka ia berharap semua pihak fokus dalam upaya terpenuhinya kuantitas dan kualitas air untuk mengubah kehidupan dan mata pencarian para pekerja di sektor air.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 Kembali Meningkat di Sumbar, Ini Komentar Jubir Satgas

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat Rifda mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara memperingati hari air dunia ke-XXIV yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2016 lalu. Acara ini terdiri dari kegiatan Kampanye peduli air, Perlombaan seperti; lomba mewarnai tingkat TK, lomba menggambar tingkat SD, dan lomba Pidato tingkat SMP dan SMA se Kota Padang, Donor darah, Penanaman pohon bersama di daerah aliran sungai (DAS) Batang Kuranji dan program kali bersih dan Seminar dengan tema air.

Peserta lomba mewarnai tingkat TK dan menggambar tingkat SD berjumlah 150 siswa, lomba pidato tingkat SMP 50 siswa, tingkat SMA 50 siswa. Ia berharap dengan adanya perlombaan ini dapat menumbuhkan rasa kepada anak-anak untuk perlu menjaga dan melestarikan air sejak usia dini.

baca juga: Temui Dirjen Bina Marga, Andre Rosiade dan 9 Kepala Daerah di Sumbar Bahas Mandeknya Pembangunan Tol Padang-Sicincin

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Elvia Mawarni