Tol Padang-Pekanbaru, Kilometer Nol Sampai 4,2 Sudah Mulai Dikerjakan Kembali

Kerangka tol Padang-Pekanbaru
Kerangka tol Padang-Pekanbaru (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, pengerjaan tol Padang-Pekanbaru dari kilometer 0 sampai 4,2 sudah mulai bekerja lagi. Karena memang persoalan lahan di kilometer tersebut sudah rampung.

"Kilometer 0 sampai 4,2 sudah mulai bekerja lagi. Sekarang lagi digarap izin penetapan lokasi 4,2 ke Kilometer 30," ujarnya, Jumat, 2 Agustus 2019.

baca juga: Irwan Prayitno : Tol Padang - Pekanbaru Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Sumbar

Dijelaskannya, pembebasan lahan dalam waktu dekat dilaksanakan berada pada kawasan Sicincin dan sekitarnya. Awalnya masyarakat tidak setuju dengan trase yang dibuat Kementerian PUPR. Hingga dilakukan pergantian trase dan disetujui oleh masyarakat kerena tidak begitu berdampak pada pemungkiman mereka.

"Awalnya masyarakat tidak setuju trase, tiga kali ganti dan akhirnya disetujui. Selanjutnya kedepan dilakukan ganti rugi lahan karena harga juga sudah cukup tinggi hasil dari kajian tim appraisal," sebut Nasrul Abit.

baca juga: Masa Pandemi COVID-19, Pembangunan Tol Padang - Pekanbaru Tetap Lanjut

Dikatakannya, PT. Hutama Karya sebagai pelaksana jalan tol terus melakukan pekerjaan pada lahan yang telah bebas ganti ruginya. "Kalau selesai secara keseluruhan belum, tapi mana yang sudah bebas langsung dikerjakan," tukasnya.

Sebelumnya Bupati Padangpariaman Ali Mukhni menyampaikan, kemajuan luar biasa terjadi dalam proses pembangunan tol Padang-Pekanbaru. Bahkan Ali Mukhni mengklaim tol dari nol hingga Tarok City telah selesai.

baca juga: Tol Padang-Pekanbaru, WALHI Sumbar dan Masyarakat Ingin Audiensi dengan Bupati Limapuluh Kota

"Ini marwah Sumbar, Tol Padang-Pekanbaru jangan sampai gagal," ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya banyak terjadi penolakan dari masyarakat soal ganti rugi tanah yang murah, kemudian dilanjutkan dengan protes masyarakat soal trase yang akan berdampak kepada ratusan rumah warga, tanah ulayat dan fasilitas umum. 

baca juga: 450 Meter Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang - Sicincin Sudah Berwujud Jalan Tol

Sehingga proyek strategis nasional itu ada sudah dikerjakan lalu berhenti, kemudian dikerjakan lagi. Bahkan, sejak diresmikan Presiden Jokowi pada 2018 lalu, tol Padang-Pekanbaru belum terlihat progresnya. Hanya pada titik tertentu yang sudah ada kerangka tol yang dibuat Hutama Karya. (*) 

Penulis: Joni Abdul Kasir