Terobosan Humas Agam, Terapkan Komunikasi Dua Arah Hingga Jalin Kemitraan dengan Media Populer

Bupati Agam Indra Catri bersama Kabag Humas Tommy TRD
Bupati Agam Indra Catri bersama Kabag Humas Tommy TRD (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Untuk meningkatkan kinerja dan maksimalkan fungsi Bagian Humas, Kabag Humas Agam Tommy membuat ragam terobosan di tahun 2019. 

Kabag Humas muda ini sadar betul betapa pentingnya fungsi dan peran humas sebagai corong pemda dalam menyebarluaskan informasi dan promosi Kabupaten Agam . Semenjak dilantik pada awal tahun, setidaknya Tommy telah membuat 9 terobosan. 

baca juga: Kasus COVID-19 di Agam Bertambah 2 Pasien

Salah satunya, mantan Camat Matur itu menerapkan komunikasi dua arah. Ia menilai, di era komunikasi digital saat ini, pemda dituntut menghadirkan informasi yang mudah diserap masyarakat. 

"Penyampaian informasi yang baik akan membuat masyarakat mudah menyerap informasi program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah," kata Kabag Humas Setda Agam , Tommy TRD. 

baca juga: Kata Penasehat Hukum Indra Catri Terkait Penetapan Tersangka

Selain itu, pemerintah daerah harus bisa menyikapi informasi yang beredar di tengah masyarakat dengan membangun komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat, melalui hubungan kemitraan dengan media. 

"Inilah fungsi dan peran humas, agar informasi yang beredar tidak liar. Komunikasi dua arah ini sudah kita bangun sejak beberapa bulan terakhir," jelas Tommy. 

baca juga: Polda Sumbar Belum Lakukan Penahanan Terhadap Indra Catri dan Martias Wanto

Untuk menunjang itu, katanya, humas juga memanfaatkan media sosial dalam menginformasikan program dan capaian pembangunan di Agam

Saat ini, Humas Agam telah memiliki dua media sosial, facebook dan instagram sebagai sarana penyebarluasan informasi. Follower di fanspage facebook Humas Agam sudah menembus 6.780 follower. 

baca juga: Tak Hanya Indra Catri, Sekda Agam Martias Wanto Juga Ditetapkan sebagai Tersangka

"Terobosan ini kita lakukan untuk mendukung 101.000 jangkauan pada postingan online," terang Tommy. 

Yang tidak kalah pentingnya dilakukan Tommy untuk memperluas sebaran informasi adalah menjalin kerjasama dengan media online nasional. 

Menurutnya, kerjasama tersebut merupakan langkah maju dan capaian baru dari Bagian Humas Setda Agam dalam penyebaran informasi daerah. 

Lebih lanjut Tommy menjelaskan, kerjasama dengan media nasional bertujuan untuk membawa nama dan potensi Agam , agar semakin dikenal di tingkat nasional. 

"Kita ingin masyarakat luas lebih mengenal detail tentang apa yang ada di Agam dalam segala aspek. Diharapkan dengan semakin kuatnya sebaran informasi itu menjadikan Agam sebagai destinasi yang menjanjikan di Sumbar, baik sektor ekonomi, pariwisata dan sektor lainnya," ujar Tommy mengutip Agam Media Center.

Tommy menjelaskan, kerjasama dan penguatan sebaran informasi tidak hanya berhenti di portal online itu saja. 

"Penyebaran informasi adalah proses yang bersifat continue, tidak sekali pukul. Setiap kesepakatan memiliki tahapan evaluasi. Evaluasi inilah nanti yang akan menentukan kerjasama mana yang akan dilanjutkan, diganti dan ditambah," jelasnya lagi. 

Tidak hanya fokus melakukan penguatan hubungan kemitraan dengan media regional, nasional hingga media populer di Indonesia, humas juga melakukan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM). Wartawan pengisi berita di portal AMCNews.co.id juga dikirim mengikuti pelatihan bersama media nasional. 

Penulis: Rezka Delpiera