Sambut HUT RI ke 74, Warga Sawahlunto Mulai Hiasi Lingkungan

Lingkungan Warga di Kelurahan Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto
Lingkungan Warga di Kelurahan Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Warga Kelurahan Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto mulai menghiasi lingkungannya untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 74. Dari pantauan KLIKPOSITIF , terlihat di sepanjang jalan Gang IV dan Gang V, sudah dihiasi oleh bendera dan plastik bekas dengan ornamen merah putih.

Lurah Tanah Lapang Peto Patuluna Lubis mengaku, pihaknya memang mengadakan beberapa perlombaan untuk menyambut hari kemerdekaan tersebut. Lomba tersebut, lanjutnya, melibatkan anak-anak dan orang dewasa, serta antar Rukun Tetangga (RT).

baca juga: HUT ke-131, Pemko Sawahlunto Gandeng Agen Perjalanan Wisata untuk Promosi World Heritage

Menurutnya, lomba ini dapat menjalin keakraban dan menumbuhkan budaya gotong royong sesama warga dengan semangat perjuangan 45.

"Dalam lomba antar RT, diadakan lomba pengibaran bendera serta kebersihan keindahan dan ketertiban (K3), diminta berkreasi untuk menghias lingkungannya dengan merah putih semeriah mungkin dan lingkungan yang asri dan bersih," katanya di Kantor Lurah Tanah Lapang, Selasa 6 Agustus 2019.

baca juga: Bunga Bangkai Berukuran Raksasa Ditemukan di Sawahlunto

Ia menambahkan, untuk penilaiannya sendiri, pihak kelurahan melibatkan pihak dari luar yakni, Dinas Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto dan Puskesmas Lembah Segar.

"Namun untuk waktu penilaian, warga tidak diberi tahu kapan waktunya, yang penting dari tanggal 1 hingga 16 Agustus, karena penyerahan hadiah pada malam 17 Agustus nanti," ujarnya.

baca juga: "Rangkayo Mudo Dirajo" Gelar Adat Untuk Walikota Deri Asta

Ia menyinggung, kenapa waktu penilaian dirahasiakan, dimaksudkan agar warga Kelurahan Tanah Lapang selalu siap dalam hal K3 bukan karena penilaian.

"Sementara itu, semua hadiah dalam pelaksanaannya nanti merupakan inisiatif dan swadaya warga, tanpa ada insentif dari Kelurahan," tuturnya.(*)

baca juga: Diintai Sebulan, RS Akhirnya Dibekuk Petugas BNN Sawahlunto

Penulis: Muhammad Haikal