Baharkam Polri Terjunkan Tim Pemantau Hewan Kurban di Momen Idul Adha

Analis Madya Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Zuhdi Bahruddin Arrasuli saat memantau hewan kurban di Payakumbuh.
Analis Madya Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Zuhdi Bahruddin Arrasuli saat memantau hewan kurban di Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Sebagai salah satu upaya pengendalian terhadap Penyembelihan sapi betina selama momen Idul Adha, Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri akan menerjunkan tim yang nantinya bertugas memantau lokasi penyembelihan hewan kurban di berbagai daerah di Indonesia.

"Dari Binmas akan ada turun pada momen Idul Adha untuk melakukan pengawasan dan pengendalian, supaya mereka juga tertib dan tidak lagi melakukan penyembelihan sapi betina," kata Analis Madya Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Zuhdi Bahruddin Arrasuli didampingi Kasat Sabhara Polres Payakumbuh , AKP Hikmah saat melakukan pemantauan di Kota Payakumbuh , Kamis (8/8).

baca juga: Buka Workshop Pengamalan Nilai-nilai ABS-SBK, Supardi: Pendidikan Moral Penting Ditekankan pada Generasi Muda

Dikatakannya, untuk penegakan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Mabes Polri sudah mengadakan MOU dengan Kementerian Pertanian.

"Sasarannya supaya masyarakat yang memiliki sapi betina produktif jangan sembarangan dipotong karena sudah ada Undang-Undangnya," lanjut Kombes Zuhdi.

baca juga: Tim Basket Kota Payakumbuh Tersingkir Dari Perbasi Cup II di Padang

Dikatakannya, meski dalam UU Nomo 41 tahun 2014 pasal 86 diatur sanksi pidana yang ancamannya berupa kurangan dan denda, ia menyebut bahwa untuk beberapa waktu ke depan ini, pihaknya masih akan menggunakan pendekatan yang soft terhadap masyarakat.

"Penegakan hukumnya masih soft karena mereka bukan penjahat, kalau penjahat kita bisa langsung tangkap. Ini masih soft, kita undang kemudian kita tanya, motivasi dan apa sebabnya dan nanti kita berikan sosialisasi, sehingga mereka bisa mengerti dan tidak melakukan lagi," jelasnya.

baca juga: Kejari Payakumbuh Tak Tutup Kemungkinan Adanya Tersangka Baru Terkait Dugaan Korupsi Penyimpangan Dana COVID-19

Berdasarkan data di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, pemotongan sapi betina di Kota Payakumbuh masih cukup tinggi. Diharapkan, pada momen Idul Adha kali ini, persentase tersebut bisa diturunkan.

Menyikapi hal itu, Wali Kota Payakumbuh , Riza Falepi yang menerima rombongan ikut menghimbau warganya untuk bisa menyembelih sapi betina sebagai hewan kurban pada Idul Adha kali ini.

baca juga: Kuasa Hukum Ungkap Alasan Kadinkes Payakumbuh Ajukan Surat Penangguhan Penahanan

"Karena kurban itu dianjurkan hewan ternak terbaik. Dan sapi jantan biasanya memiliki daging lebih bagus. Jadi kita himbau warga Payakumbuh untuk memilih sapi jantan untuk dikurbankan pada Idul Adha ini," jelas Riza Falepi. (*)

Penulis: Taufik Hidayat