Ini Agenda Pemko Solok Memperingati HUT RI ke-74

Prosesi peringatan detik-detik kemerdekaan RI ke 73 di Lapangan Merdeka Kota Solok pada tahun 2018 lalu.
Prosesi peringatan detik-detik kemerdekaan RI ke 73 di Lapangan Merdeka Kota Solok pada tahun 2018 lalu. (Istimewa)

SOLOK , KLIKPOSITIF  -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke 74, Pemerintah Kota Solok - Sumbar mengagendakan sejumlah kegiatan, mulai dari agenda rutin hingga kegiatan sosial.

Rangkaian kegiatan dimulai pada Jum’at 9 Agustus 2019 dengan melakukan Tabligh Akbar, donor darah bersama PMI, berbagi zakat oleh Baznas, yang bakal dilangsungkan di Masjid Agung Al-Muhsinin. Kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan Pasukan Pengibar Bedera (Paskibra) Kota Solok pada 15 Agustus 2019 di Sporthall Tanjung Paku.

baca juga: HUT ke-75 RI, Masyarakat Kota Solok Diminta Kibarkan Bendera Sebulan Penuh

H-1 jelang peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia, juga bakal dilangsungkan rapat paripurna istimewa dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia di DPRD Kota Solok . Kegiatan diagendakan pukul 09.00 WIB.

“Malamnya sekitar pukul 23.30 WIB, kita lanjutkan dengan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa,” terang Kabag Humas, Nurzal Gustim, Kamis (8/8).

baca juga: Tengah Transaksi Narkoba, Dua Orang Ditangkap di Pantai Cermin Solok

Sementara itu, Pada Sabtu pagi, 17 Agustus 2019 kegiatan diawali dengan penyerahan remisi bagi warga binaan lapas kelas II B Solok dan dilanjutkan dengan peringatan detik-detik kemerdekaan RI di Lapangan Merdeka Kota Solok .

Setelah itu, dilanjutkan dengan ramah tamah bersama perintis kemerdekaan, veteran, wredhatama, warakawuri dan angkatan 45 serta paskibraka Pukul di rumah dinas Wakil Wali Kota Solok dan setelah itu dilanjutkan pacara penurunan Sang Merah Putih dilangsungkan pukul 16.00 WIB.

baca juga: Kementerian PUPR: 28 Bangunan di Kawasan Saribu Rumah Gadang Ditergetkan Selesai Akhir Tahun Ini

“Puncak peringatan HUT RI ke 74 dilakukan dalam resepsi kenegaraan pukul 20.00 WIB di Gedung Kubuang Tigo Baleh,” ulasnya.

Untuk lebih menyemarakkan nuansa bulan kemerdekaan, Pemerintah Kota Solok juga mengimbau masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih selama bulan Agustus, serta memasang umbul-umbul dan dekorasi lainnya.

baca juga: Tes Swab Mandiri di Padang, Satu Warga Kota Solok Positif COVID-19

[Syafriadi]

Penulis: Iwan R