Pemkab Pasbar Devisit Anggaran, Tribun Stadion Padang Tujuh Masih Terbengkalai

Kerangka tiang besi tribun stadion sepakbola padang tujuh
Kerangka tiang besi tribun stadion sepakbola padang tujuh (Ist)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pasaman Barat ( Pasbar ), Henny Ferniza memastikan pembangunan Tribun Stadion Lapangan Bola Padang Tujuh tidak bisa dilanjutkan di anggaran tahun 2019.

"Bagaimana mau dilanjutkan, di tahun 2019 ini Pemkab Pasbar mengalami devisit anggaran," kata Henny Ferniza kepada KLIKPOSITIF pada Senin (12/8/2019) di Kantornya.

baca juga: Idul Adha, Permintaan Kue Bolu dan Cake Meningkat di Pasaman Barat

Akan tetapi ditahun 2020 sudah direncanakan. Namun itu tidak bisa dipastikan, jangankan yang masih direncanakan, yang sudah masuk dalam pembahasan saja tidak bisa terlaksana di anggaran tahun 2019 ini karena devisit tersebut.

Dia mengaku, memang untuk anggaran dan teknis pembangunan tribun stadion lapangan bola padang tujuh itu terletak pada PUPR bukan di Dispora, Karena Dispora sendiri tidak memiliki teknisi untuk pekerjaan tersebut," akuinya.

baca juga: Masjid Agung Pasbar Tidak Pernah Menyelenggarakan Pemotongan Kurban, Ini Alasannya

Meski tribun tersebut sudah putus kontrak di tahun 2018 lalu, namun persentase pekerjaannya sudah mencapai 50 persen lebih. Untuk itu pihaknya di tahun 2019 tidak bisa berbuat apa-apa karena devisit anggaran.

Meski jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2020 kian dekat. "Kita berharap pembangunan sarana olahraga untuk porprov 2020 mendatang dapat dilanjutkan kembali dianggaran tahun 2020," harap Henny.

baca juga: KPU Pasbar: Proses Vermin Perbaikan Paslon Agus-Rommy Sudah 75 Persen

Sedangkan menurut Kepala Dispora Pasbar , Afrizal Ashar, soal sarana olahraga dan fasilitas yang dibutuhkan merupakan tanggung jawab Dinas PUPR Pasbar .

Sebab, Dinas PUPR Pasbar lah yang menganggarkan pembangunan proyek sarana olahraga Pasbar tersebut, bukan berada di Dispora Pasbar ," kata Afrizal kepada wartawan.

baca juga: Polres Pasaman Barat Sebar 500 Kupon Daging Kurban ke Mustahik

"Saya yakin, PUPR Pasbar akan dapat menyiapkan Tribun tersebut jelang Porprov 2020. Kalau tahun ini tidak dianggarkan, mungkin tahun depan," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, secara khusus tentang persiapan Porprov akan dibahas di Padang. Namun dia tetap optimis, bahwa Pasbar siap jadi tuan rumah Porprov 2020 dan ditargetkan akan berlangsung dengan baik serta sukses dan lancar.

"Kalau nanti sudah rapat di Padang, saya akan sampaikan bagaimana hasilnya. Tunggu saja, yang pasti segala sesuatunya pasti akan diusahakan untuk segera disiapkan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Aliansi Masyarakat Bersatu (AMB) Pasaman Barat, Yuheldi Nasution sangat menyayangkan atas terbengkalai pembangunan tribun stadion tersebut.

Tentu hal ini dikhawatirkan akan berdampak kepada rencana pelaksanaan porprov di Kabupaten Pasaman Barat pada tahun 2020 mendatang," sebutnya.

Untuk diketahui, proyek pembangunan Tribun Stadion sepak bola padang tujuh dengan nilai kontrak Rp14.266.678.000 pada tahun anggaran 2018 itu terpaksa mengalami putus kontrak. [Irfan Pasaribu]

Penulis: Eko Fajri