150 Jemaah Haji Wafat di Tanah Suci, Delapan dari Haji Khusus

Ilustrasi
Ilustrasi (Kemenag)

KLIKPOSITIF -- Masa puncak pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci segera berakhir. Tercatat, 150 jemaah haji Indonesia meninggal dunia sejak masa kedatangan hingga saat ini.

Data ini mengutip Sistem Informasi dan Komputerisasi Data Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, hingga Rabu (14/08), pukul 06.00 Waktu Arab Saudi.

baca juga: Ada 36 Penambahan Positif COVID-19 di Sumbar per 10 Agustus

Dari jumlah 150 orang, 8 orang berasal dari jemaah haji khusus. sebagian besar jemaah haji yang meninggal dunia tersebut, disebabkan karena sakit.

"Jemaah haji khusus yang sudah meninggal 8 orang," ujar Kepala Bidang Pengawasan Haji Khusus Kementerian Agama Abdul Muhyi.

baca juga: DPR Minta Nadiem Perhatikan Kesenjangan Daerah Soal Kurikulum Darurat

Berdasarkan data, jemaah haji yang wafat berasal dari berbagai embarkasi. Seperti Jakarta, Surabaya, Solo, Ujung Pandang dan lainnya.

Tahun ini, Indonesia kebagian kuota jemaah haji reguler dan khusus sebanyak 231 ribu. Dengan rincian, jemaah haji reguler 214 ribu dan khusus 17.000.

baca juga: Anggota DPR Beri Catatan Soal Pemulihan Ekonomi COVID-19 dalam Omnibus Law

Namun untuk realisasinya, jemaah haji reguler yang tiba sebanyak 212.732. "Kalau haji khusus 16.881 orang yang datang," lanjut Muhyi. (*)

Penulis: Eko Fajri