BKKBN Sumbar Targetkan Program Peningkatan Kemitraan dalam Penggarapan KB/KR di DTPK Capai Sasaran

Forum Koordinasi Peningkatan Kemitraan Dalam Penggarapan KB/KR di DTPK, Miskin Perkotaan Dan Sasaran Khusus Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota pada Rabu(14/8)
Forum Koordinasi Peningkatan Kemitraan Dalam Penggarapan KB/KR di DTPK, Miskin Perkotaan Dan Sasaran Khusus Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota pada Rabu(14/8) (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana ( BKKBN ) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Forum Koordinasi Peningkatan Kemitraan Dalam Penggarapan Keluarga Berencana/Kesehatan Reproduksi (KB/KR) di Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan (DTPK), Miskin Perkotaan Dan Sasaran Khusus(KB/KR) Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota pada Rabu, 14 Agustus 2019.

Kegiatan itu dibuka oleh Plt. Kepala KB/KR, Yusnani SH di ruang pertemuan Latbang kantor BKKBN Perwakilan Provinsi Sumbar yang juga dihadiri oleh Danrem 032 Wirabraja, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, PKMI Provinsi Sumatera Barat serta dari perwakilan OPD –KB Kabupaten/Kota se-Sumbar.

baca juga: Sering di Rumah, Angka Kelahiran Sumbar Meningkat: Wagub Minta BKKBN Edukasi Masyarakat Berhubungan Badan Saat COVID-19 Pakai Pengaman

Yusnani menyampaikan, berdasarkan hasil SDKI tahun 2017, Angka Fertility Rate (TFR) 2,4 mengalami penurunan dari 2,6 SDKI 2017 secara Nasional. Untuk Sumatera Barat TFR pada SDKI 2017 sebesar 2,5 juga mengalami penurunan dari 2,8 pada SDKI 2012.

"Hal ini menunjukkan bahwa kerja keras kita selama ini telah membuahkan hasil," katanya.

baca juga: Peduli Generasi Muda, Fadly Amran dan Dian Puspita Raih ABG Award 2020

Sementara itu lanjutnya, pada 2019, pencapaian Program sampai Juni 2019 atau Semester I menggambarkan bahwa pencapaian peserta KB Baru 40,43 persen dari Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM), KB MKJP 35,01 persen PPM dan KB Pria 31,49 persen PPM.

Dijelaskannya, kontribusi peserta KB Baru terhadap peserta KB Aktif (PA) yang minus dan angka Unmet Need masih tinggi yaitu 14,58 persen.

baca juga: Wawako Solok Terima Anugerah Ayah GenRe Sumbar 2020

"Untuk itu forum ini menjadi sangat penting bagi kita dalam rangka menyusun langkah-langkah kedepan, sehingga PPM yang sudah ada dapat kita capai," jelasnya.

Menurutnya, demi mencapai tujuan dan sasaran dalam pembahasan di forum, perlu dilakukan analisis kebutuhan program dan Forum Koordinasi Peningkatan Kemitraan dalam Penggarapan KB/KR di DTPK, Miskin Perkotaan dan Sasaran Khusus KB Pria secara komprehensif.

baca juga: Kunker ke 50 Kota, BKKBN Sumbar Kenalkan Rebranding Bangga Kencana dan GDPK

"Forum ini perlu selalu dilakukan agar hasil pelaksanaan program, komitmen stakeholder serta inovasi para pengelola atau pelaksana program di lapangan dapat dievaluasi, sehingga diperoleh capaian yang optimal dari masing-masing wilayah sasaran,"ungkapnya.

Selain itu kata Yusnani, forum tersebut juga bertujuan juga merupakan informasi dan pedoman untuk meningkatkan capaian Jalur wilayah dan Sasaran khusus yang dapat diperbaharui setiap tahun. Untuk itu katanya, pengembangan dan peningkatan sangat di perlukan dalam rangka meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB di wilayah dan sasaran khusus.

Dalam kegiatan itu, Yusnani juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengambil kebijakan di Kab/Kota beserta mitra kerja terkait yang berpartisipasi aktif dalam mendukung program keluarga berencana dan kesehatan reproduksi selama ini.

"Semoga kerjasama dengan para mitra kerja dapat selalu dibina, dan revolusi penggarapan pembinaan kesertaan KB diwilayah dan sasaran khusus dapat sukses dilaksanakan," tutupnya.(*)

Penulis: Khadijah