Siswi SMA Negeri 4 Padang Jadi Pembawa Baki Upacara HUT RI di Kantor Gubernur Sumbar

Hanifah Aulya Hasanah bersama kedua orangtuanya di sebuah acara Paskibraka di Kantor Gubernur Sumbar.
Hanifah Aulya Hasanah bersama kedua orangtuanya di sebuah acara Paskibraka di Kantor Gubernur Sumbar. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Hanifah Aulya Hasanah, siswi kelas XI SMA Negeri 4 Padang jurusan IPA, terpilih sebagai pembawa Baki Bendera Merah Putih pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 yang akan digelar di lapangan Kantor Gubernur Sumbar, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Remaja berhijab yang tinggal di Kampung Baru Boya, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang itu terpilih, setelah mengikuti serangkaian seleksi. Hanifah merupakan merupakan putri dari pasangan Prinaldi (42) dan Novia Disni (38). Prinaldi merupakan staf Unit WHRPG & Utilitas Departemen Tambang PT Semen Padang.

baca juga: Audy Joinaldy Peringati HUT RI ke-75 bersama Ribuan Pendaki di Gunung Talang

Bagi dara berusia 16 tahun tersebut, serangkaian seleksi untuk menjadi anggota Paski tidak lah mudah dilaluinya, apalagi seleksi tersebut diikuti oleh ribuan siswa-siswi terbaik di Sumbar. "Perjuangannya dimulai dari Kelas X, sejak saya masuk ekskul Paski di sekolah. Kemudian dari Januari 2019, saya ikut seleksi untuk paski," kata remaja yang akrab disapa Hanifah itu saat ditemui di Kantor Gubernur Sumbar, 15 Agustus 2019.

Seleksi demi seleksi terus dijalani Hanifah. Mulai dari tingkat sekolah, kemudian tingkat Kota Padang dan sampai provinsi. Selama mengikuti seleksi, anak pertama dari tiga bersaudara itu terus menjalaninya dengan penuh keyakinan.

baca juga: Berbeda Dari Tahun Lalu, Begini Susunan Upacara 17 Agustus Pemkab Pessel Tahun Ini

Bagi Hanifah, keberhasilannya menjadi anggota paski dan ditunjuk sebagai pembawa Baki bendera Merah Putih pada Upacara HUT Kemerdekaan RI di halaman Kantor Gubenur Sumbar, tidak terlepas dari dukungan orangtua dan guru, serta teman-temannya.

"Tentunya saya bersyukur dan bahagia. Perjuangan memang berat, karena ada tanggung jawab yang besar di dalamnya. Tapi berkat dukungan orangtua dan guru, alhamdulillah saya terpilih menjadi anggota Paski dan dipercaya sebagai pembawa baki," ujarnya.

baca juga: Megah, Warga Kampung Pondok Rayakan HUT RI ke-74 di Kolam Renang Hotel Kriyad Bumi Minang

Remaja kelahiran 10 Juli 2003 itu juga berharap dukungan dan doa agar pada saat Upacara HUT Kemerdekaan RI, dirinya bersama anggota Paski lainnya, bisa tampil sukses dan sesuai dengan harapan masyarakat Sumbar.

"Saya mewakili teman-teman Paski, mohon doa dan dukungannya, agar pada upacara besok semuanya bisa berjalan lancar dari awal sampai akhir, karena Upacara HUT RI punya sejumlah makna, di antaranya sebagai bentuk dari mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan kita yang terdahulu," bebernya.

baca juga: Pawai Budaya Nagari Atar ke-3, Bupati Tanah Datar Harapkan Mampu Memajukan Pariwisata

Menjadi anggota Paski, kata Hanifah melanjutkan, memang sudah impiannya sedari dulu. Bahkan sejak duduk di bangku SMP Negeri 11 Padang, remaja yang hobi menyanyi itu mengaku selalu aktif mengikuti berbagai kegiatan Paski di sekolah, dan juga ikut berbagai lomba PBB, termasuk lomba TUB (Tata Upacara Bendera).

"Menjadi anggota Paski, kita harus dituntut untuk menjaga disiplin waktu dan harus identik dengan asem (senyuman wanita), serta memiliki fisik yang kuat dan tubuh yang tinggi," ungkap remaja yang becita-cita menjadi Polwan melalui jalur Taruni Akpol itu.

Novia Disni yang dihubungi via handphone mengaku bersyukur dan banga anaknya, Hanifah, terpilih sebagai pembawa baki pada HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019, apalagi menjadi anggota paski dan tampil di hadapan publik serta pejabat, sudah menjadi keinginannya sejak kecil.

"Alhamdulillah saya sebagai orangtua tentunya bangga, terharu, bercampur aduk rsanya. Ini sudah keinginan Hanifah sejak kecil. Semuanya dia lalui dengan penuh kerja keras, semangat dan disiplin. Apa yang ia raih ini, adalah buah dari perjuangannya sejak dari dulu, bahkan sejak masih menjadi siswa SD Semen Padang, " katanya.(*)

Penulis: Riki