Bayi Laki-laki di Sawahlunto Ini Lahir Saat Detik-detik Proklamasi

Pasangan Suami Istri Salatul Aprila dan Nova Novita di RSUD Sawahlunto
Pasangan Suami Istri Salatul Aprila dan Nova Novita di RSUD Sawahlunto (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Pasangan suami istri (Pasutri) Salatul Aprila (32) dan Nova Novita (31) tengah berbahagia. Pasalnya, putra pertama mereka lahir bertepatan di hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Diketahui, Pasutri ini merupakan warga Dusun Bukit Sibanta, Desa Sikalang Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto .

baca juga: 946 Pelaku Usaha Mikro di Sawahlunto Terima Modal Usaha Bantuan Presiden

"Lahirnya, bertepatan saat bunyi sirine detik-detik proklamasi di Lapangan Ombilin Sawahlunto , sekira pukul 09.45 WIB," kata sang ayah Salatul Aprila di RSUD Sawahlunto , Sabtu 17 Agustus 2019.

Ia menambahkan, kelahiran putra pertamanya sama sekali tidak direncanakan atau diperkirakan sebelumnya. "Dari kontrol terakhir perkiraan dokter akhir bulan ini. Namun pukul 01.00 WIB dinihari tadi, istri saya merasakan tanda-tanda hendak melahirkan," ujarnya.

baca juga: Mantan Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf Meninggal Dunia

Lebih jauh, sang ayah mengatakan, nama anaknya tidak ada disangkutkan dengan momen kemerdekaan ini. "Namanya sudah kami sepakati jauh-jauh hari yakni Firdan Hafiz Salfa yang berarti keistimewaan bagi kami," tuturnya.

Sementara itu, Kasi Humas dan Pemasaran RSUD Sawahlunto Handri Agus Yusa mengatakan, pihaknya sudah memantau sejak malam apakah ada yang melahirkan di RSUD.

baca juga: Kunjungi Sawahlunto, Dubes India Diangkat Jadi Brand Ambassador Songket Silungkang

"Kami terus memantau jika ada yang lahir di momen kemerdekaan ini, Dldari tadi malam memang tidak ada masuk pasien yang akan melahirkan. Sementara yang melahirkan saat ini masuk ke UGD pagi sekira pukul 06.30 WIB atas rujukan dari bidan swasta," katanya.

"Bayi laki-laki pasangan ini saat ini berada di ruangan Wijaya Kusuma, dalam keadaan sehat dengan panjang 45 centimeter dan berat 2,6 kilogram," pungkasnya kemudian.(*)

baca juga: Berikut Kronologi Runtuhnya Lubang Tambang yang Sebabkan 3 Pekerja Meninggal di Sawahlunto

Penulis: Muhammad Haikal