Menakar Potensi Nasrul Abit - Indra Catri pada Pilgub Sumbar 2020

Nasrul Abit - Indra Catri
Nasrul Abit - Indra Catri (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Walaupun pemilihan gubernur Sumatra Barat (Pilgub Sumbar) 2020 masih jauh, namun suasana Pilkada sudah mulai terasa. Banyak tokoh mulai tebar pesona dan muncul ke permukaan.

Bahkan ada sebagian orang yang mulai terang - terangan menggadang - gadang jagoan mereka.

baca juga: Pilkada 2020, KPU Kota Solok Habiskan Anggaran 7,8 Miliar Lebih

Nama-nama besar muncul seperti Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Bupati Agam Indra Catri, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, Anggota DPR RI Mulyadi, dan Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek.

Di beberapa akun media sosial Facebook, Foto Wagub Nasrul Abit sering disandingkan dengan Bupati Agam Indra Catri sebagai pasangan yang berpotensi dan layak memimpin Sumbar lima tahun kedepan.

baca juga: KPU Lima Puluh Kota Segera Tetapkan Paslon Safari Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Direktur Eksekutif SBLF Research and Consultan Edo Andrefson menilai dua sosok ini berpotensi besar dalam Pilgub Sumbar 2020. Alasannya, karena wilayah asal kedua tokoh merupakan daerah terbesar di Sumbar dengan jumlah pemilih yang cukup banyak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum 2019 untuk Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 330.275 pemilih. Sementara Kabupaten Agam KPU menetapkan sebanyak 318.786 pemilih.

baca juga: KPU Solsel Tetapkan Khairunas-Yulian Efi Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

"Cocok sekali, sebab Pessel dan Agam merupakan dua kabupaten besar di Sumbar," ujarnya Sabtu, 17 Agustus 2019.

Tidak hanya berasal dari kabupaten besar, Edo menilai, kedua tokoh tersebut mewakili keterwakilan wilayah pemilih pesisir dan rantau. "Dari segi wilayah pemilihan mewakili rantau dan pesisir," katanya.

baca juga: KPU Tanah Datar Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada 2020

Selain mewakili wilayah besar, jejak karir keduanya cukup bagus. Nasrul Abit pernah wakil bupati Pesisir Selatan, kemudian menjabat Bupati Pesisir Selatan dua periode dan saat ini orang nomor dua di Pemprov Sumbar. Sedangkan Indra Catri Bupati Agam dua periode.

Pengamat politik dan komunikasi dari Unand Najmuddin M Rasul menilai pemimpin Sumbar ke depan harus memiliki kualitas yang baik, visi misi membangun dan punya jaringan.

"Mereka (Nasrul Abit - Indra Catri masih local minded (pemikiran lokal)," ujarnya. (*).

Penulis: Joni Abdul Kasir