Realisasi PAD Sektor Pariwisata di Pessel Baru 30 Persen, Kenapa?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Realisasi Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) sektor pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat hingga penghujung semester I tahun ini masih jauh dari target.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo mengakui, hingga Juli 2019 rata-rata PAD sektor pariwisata daerah ini masih 30 persen atau Rp780 juta dari target Rp2.5 miliar.

baca juga: Pemkab Pessel Segera Terbitkan SK Pengangkatan 31 Wali Nagari Terpilih

"Hingga saat ini lebih kurang 30 persen dari target PAD tahun ini sebesar Rp 2,5 miliar," ungkap Hadi Susilo kepada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, jauhnya dari capaian target pada semester I lalu. Hal itu relatif sama dengan tahun lalu. Kendati target PAD yang besar, belum rasional dengan sumber yang ada.

baca juga: Percepatan Pelaksanaan Vaksin, Satgas Covid-19 Bakal Lakukan Hal Ini bagi Masyarakat dan ASN yang Menolak

"Pada umumnya destinasi yang dikunjungi belum menjadi objek pendapatan asli daerah. Sementara penetapan target terlalu tinggi,"jelasnya.

Ia menyebutkan, tingginya besaran target ini akan menjadi evaluasi pemerintah daerah kedepannya. Salah satunya dengan melihat sektor andalan yang menjadi sumber PAD .

baca juga: Nagari Gurun Panjang Utara Pessel Dinilai Tim Lomba Nagari Berprestasi Tingkat Sumbar, Ini Inovasinya

"Jadi ke depannya masih perlu kajian dan analisis yang lebih rasional atas penetapan target. Diantaranya sesuai dengan potensi dan rencana pengembangan potensi yang ada," ujarnya. (Kiki Julnasri)

Penulis: Eko Fajri