Pemko Pariaman Usulkan Penerimaan 300 CPNS

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF  -- Sebanyak 300 orang Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) Kota Pariaman telah diusulkan oleh Pemerintah Kota Pariaman . Selain itu Pemko juga telah mengimbau warga untuk mencoba simulasi Computer Assisted Test (CAT).

Wali Kota Pariaman , Genius Umar, mengatakan bahwa pihaknya sekarang menunggu persetujuan dari Kemen PAN terkait usulan tersebut.

baca juga: Polres Pariaman Bekuk Seorang Pria Diduga Pengedar Narkoba

"Ya kami masih menunggu persetujuan dari Kementerian Pemdayagunaan Aparatur Negara. Untuk informasi telah kami imbau pada warga untuk lakukan simulasi CAT," sebut Genius Umar, Selasa 20 Agustus 2019.

Dikatakan Genius, untuk tahun ini, Pemko Pariaman membutuhkan sebanyak 300 orang pegawai.

baca juga: Pemko Pariaman Kembali Salurkan Bibit Pertanian

Perihal itu, lebih lanjut dijelaskan oleh Wakil Wali Kota Pariaman , Mardison Mahyuddin pada kesempatan berbeda. "Ya, sebanyak 300 yang kami usulkan itu akan mengisi formasi tenaga teknisi, kesehatan dan guru, " jelas Mardison.

Dikatakannya, tahun ini diutamakan untuk mengisi formasi guru. "Tahun depan untuk pegawai purnabakti, " katanya.

baca juga: Hari ke-5 Pencarian Nelayan di Pariaman Belum Menuai Hasil, Begini Situasinya

Untuk itu, pihaknya telah menghimbau kepada warga, yang berminat silakan untuk melakukan tes atau pelatihan simulasi CAT.

"Simulasi CAT dibuka selama hari kerja tertanggal 19-30 Agustus tahun ini. Di Padang sedang berlangsung simulasi tersebut. Selain di Padang, simulasi serentak juga bisa dilakukan di Kantor Regional BKN Pekanbaru dan UPT BKN Batam," jelas Mardison.

baca juga: Masih Banyak Warga Kota Pariaman yang tidak Menggunakan Masker

Disebutkannya juga, untuk yang mau mengikuti semiluasi bisa mengunjungi laman Simulasi CAT BKN 2019 . "Setelah masuk ke situs lalu daftarkan diri sesuai NIK dan di sana ada petunjuk tempat yang bisa dipilih, sesuaikan dengan tempat terdekat, " kata Mardison.

Diketahui penggunaan CAT dalam seleksi penerimaan CPNS dalam beberapa tahun terakhir sangat memudahkan pelaksanaannya.

Perihal itu, Mardison sebut, penggunaan CAT juga menjamin transparansi hasil yang diperoleh peserta seleksi. Selain transparan, peserta bisa langsung melihat skor dan nilai yang didapat.

"Semua serba komputer, tidak bisa main akal-akalan, baik seleksi kompetensi dasar dan bidang. Peserta juga bisa melihat langsung hasil yang didapat, apakah kurang dari passing grade atau melebihi, " ungkap Mardison.

[Rehasa]

Penulis: Iwan R