Sosialisasi Pencegahan Karhutla, Polres Sijunjung Turunkan 53 Personel Bhabinkamtibmas

Rapat Karhutla Kabupaten Sijunjung
Rapat Karhutla Kabupaten Sijunjung (Istimewa)

SIJUNJUNG , KLIKPOSITIF -- Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Sijunjung Kompol Rufinus Sihombing mengatakan, untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) di Kabupaten Sijunjung , pihaknya menurunkan personel Bhabinkamtibmas sebanyak 53 personel.

Ke 53 personel Bhabinkamtibmas tersebut, lanjutnya, ditugaskan di nagari-nagari untuk melaksanakan sosialisasi Karhutla ke masyarakat.

baca juga: Irwan Prayitno Klaim Karhutla Sumbar terkecil di Indonesia

" Karhutla sekarang menjadi ancaman tersendiri bagi kita semua, yang dapat menyebabkan kabut asap dan tentunya membahayakan bagi kesehatan," katanya saat Rapat Koordinasi Karhutla di Muaro Sijunjung , Selasa 20 Agustus 2019.

"Saat ini kami melaksanakan Operasi Bina Kusuma dengan motto dilarang keras membakar hutan dan lahan, selamatkan udara dari pencemaran kabut asap," sambungnya.

baca juga: Tiga Hari Bersama Konstituen, Andre Rosiade Salurkan Bantuan dan Aneka Pelatihan

Sementara itu, Wakapolres Sijunjung Kompol Suyanto mengatakan, dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tersebut, telah menghasilkan beberapa kesepakatan.

Kesepakatan tersebut, yakni sosialisasi Karhutla dilakukan melalui masjid diwaktu salat hari biasa maupun hari Jumat, selebaran serta himbauan yang menggunakan radio dan media sosial.

baca juga: Sapa Warga Sijunjung, Andre Berbagi Bantuan Ratusan Juta untuk Masjid Sampai Pembangunan Rumah Adat

Kemudian, sambungnya, dibentuknya tim terpadu untuk menanggulangi Karhutla dan perlunya memberikan pelatihan.

"Kita harus segera menyikapi semua ini, karena telah mewabah. Selain sosialisasi ke nagari-nagari juga dilakukan di setiap sekolah," katanya.(*)

baca juga: Tidak Terbukti, Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Andre Rosiade Dihentikan

Penulis: Muhammad Haikal