Tim Penilai Posyandu Berprestasi Tingkat Sumbar 2019 Kunjungi Pasbar

Plt Bupati Pasaman Barat, Yulianto, saat mendampingi tim penilai Posyandu berprestasi tingkat Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2019
Plt Bupati Pasaman Barat, Yulianto, saat mendampingi tim penilai Posyandu berprestasi tingkat Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2019 (Ist)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Pelayanan masyarakat berbasis Posyandu terus dikembangkan di Kabupaten Pasaman Barat. Namun hal yang mendasar dan terpenting membangun kesadaran masyarakat.

Hal itu dikatakan oleh Plt Bupati Pasaman Barat, Yulianto, saat mendampingi tim penilai Posyandu berprestasi tingkat Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2019 di Jorong Ophir Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak nan Duo, Kamis 22 Agustus 2019.

baca juga: 32 Personel Polisi Resor Pasbar Naik Pangkat

"Peran serta dan kesadaran masyarakat perlu ditumbuhkan. Perilaku hidup sehat dan bersih terus kita upayakan serta lakukan pembinaan agar menjadi budaya bagi masyarakat," kata Yulianto.

Dia menjelaskan, hal utama dan terpenting membina dan meningkatkan peran serta kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. Sehingga pada akhirnya menjadi sikap dan perilaku serta budaya masyarakat.

baca juga: Polisi Pasbar Blender 64,61 Gram Sabu

Pelayanan masyarakat yang berdasarkan wujud kepedulian tentu tidak bisa dinilai. Berbagai pelayanan pun semakin membuahkan hasil dan terbukti.

Diantaranya, mulai pemeriksaan Ibu Hamil, Penimbangan Balita, pelayanan KB, penanganan gizi buruk, Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lanjut Usia, PAUD.

baca juga: Anggota DPRD Pasbar Sebar Sembako dan Ribuan Masker

"Semua jenis kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk usaha kesehatan yang berbasis masyarakat. Mudah-mudahan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan indeks pembangunan sumber daya manusia di Pasbar ," jelas Yulianto.

"Pemkab Pasbar telah melakukan berbagai upaya dengan mendorong Pemerintahan Nagari untuk meningkatkan Anggaran Dana Nagari (ADN) untuk Posyandu, baik berupa honorarium kader maupun biaya operasional Posyandu," ungkapnya.

baca juga: Hendak Bertransaksi Dengan Calon Pembeli, Pengedar Sabu di Pasbar Dibekuk Polisi

Disamping itu, mendorong Pemerintah Nagari untuk melengkapi sarana dan prasarana Posyandu, mendorong sinergitas antara semua stakeholder untuk mensosialisasikan seluruh program Posyandu.

Sambungnya, membangun aplikasi SIPON DPMN yang berguna untuk memantau pelaksanaan Posyandu dan melaksanakan penilaian Posyandu berprestasi tingkat Kabupaten Pasbar .

"Dari penilaian yang dilakukan oleh DPMN beberapa waktu lalu, kita melihat Posyandu Sekunder 1 Jorong Ophir merupakan Posyandu terbaik tingkat Pasbar . Kita berharap juga Posyandu Sekunder 1 dapat berkiprah di tingkat provinsi dan nasional nantinya," harap Yulianto.

Sementara, Ketua Tim Penilai Posyandu berprestasi tingkat Sumbar, Nevi Irwan Prayitno menilai kader Posyandu Sekunder 1 layak masuk nominasi tingkat Sumbar.

"Kita melihat Kader Posyandu Sekunder 1 layak masuk nominasi kader berprestasi tingkat Sumbar. Oleh sebab itu, kita hari ini turun untuk melihat secara langsung kondisi pelayanan Posyandu secara langsung," tutur Nevi.

Posyandu Sekunder 1 Terintegrasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB), pantas mewakili Kabupaten Pasaman Barat dalam rangka lomba Posyandu berprestasi tingkat Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2019.

Penilaian dilakukan langsung oleh tim penilai dari Provinsi Sumbar yang diketuai lamgsung oleh Ketua TP. PKK Sumbar, Nevi Irwan Paryitno beserta segenap tim gabungan dari dinas dan instansi terkait dari provinsi Sumbar. 

[Irfan Pasaribu]


 

Penulis: Rezka Delpiera