Kominfo Bangun Gedung Balmon SFR di Padang, Fungsinya Sebagai Sistem Peringatan Dini

Menkominfo meletakkan batu pertama pembangunan Balmon SFR
Menkominfo meletakkan batu pertama pembangunan Balmon SFR (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun gedung Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (Balmon SFR) di daerah sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) menjadi ujung tombak bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo ), di Air Dingin, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, keberadaan Balmon SFR besar manfaatnya bagi masyarakat terutama di daerah seperti Sumbar yang rawan bencana. Karena salah satu fungsinya nanti sebagai sistem peringatan dini bencana.

baca juga: Disnaker Sumbar: Digital Talent Scholarship Wujud Nyata PNP-Kemenkominfo Wujudkan SDM Berkompeten

"Saat ini Balmon tengah bekerjasama dengan BMKG dalam pelaksanaan peningkatan kewaspadaan masyarakat dalam kebencanaan salah satunya menyiapkan frekuensi untuk sistem peringatan dini," ujarnya saat peletakan batu pertama pembangunan gedung Balmon SFR Kelas II Padang, Jumat (23/8).

Oleh karena itu, dengan sistem peringatan dini yang dilakukan melalui frekuensi ini, maka masyarakat akan lebih terbantu dengan persiapan kewaspadaan jika suatu waktu terjadi bencana di daerahnya.

baca juga: Hadapi Revolusi Industri 4.0, Lulusan SMK Ikuti Pelatihan Digital Talent Schorlarship di PNP

"Contoh saja di Pulau Jawa. Keberadaan frekuensi ini sangat dimanfaatkan nelayan, apalagi jika terjadi bencana di laut bebas sebab frekuensi mereka bisa langsung sampai kepada kokpit. Ini memberikan kemudahan agar cepat mendapatkan pertolongan. Maka, keberadaan frekuensi ini sangat dirasakan sekali masyarakat," katanya.

Selain itu kata Rudi, pembangunan gedung Balmon Padang ini akan dimulai dari Agustus hingga Desember 2019 dengan anggaran biaya Rp8 miliar dari Kemenkominfo .

baca juga: Layanan Data Internet di Jayapura Dibuka Secara Bertahap

"Untuk lokasi gedung sendiri berada jauh dari zona merah tsunami sehingga akan memberikan rasa aman kepada petugas yang ada disini menjalankan tugasnya. Apalagi, gedung lama telah retak disebabkan gempa beberapa tahun lalu," ulasnya.

Maka oleh karena itu tuturnya, dengan pembangunan gedung baru ini memberikan semangat baru bagi Balmon Padang dalam menjalankan tugasnya dalam pengawasan dan memonito frekuensi di daerah. 

baca juga: Kabupaten Nabire dan Dogiyai Kondusif, Blokir Layanan Data Dibuka

"Saya juga sangat apresiasi dan terimakasih atas dukungan yang diberikan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar yang telah mengizinkan pembangunan gedung Balmon di Air Dingin, Kelurahan Balai Gadang,"tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Praytino berharap dengan keberadaan Balmon Padang dapat memberikan kontribusi dalam memaksimalkan pengawasan dan monitoring frekuensi didaerahnya.

"Untuk itu, kita harap pembangunannya segera selesai. Sehingga, petugas dan pegawai di Balmon Padang dapat menempati gedunbg baru serta bekerja dengan maksimal dan terbaik dalam hal pengawasan dan monitoring frekuensi,"ujarnya. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir