13 SLTA di Payakumbuh Ikuti Lomba Upacara Bendera

Lomba upacara bendera tingkat SLTA se-Kota Payakumbuh.
Lomba upacara bendera tingkat SLTA se-Kota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 13 SLTA sederajat di Kota Payakumbuh mengikuti lomba upacara bendera se-Kota Payakumbuh di di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (27/8).

Lomba upacara bendera tersebut merupakan kerja sama antara Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ) Kota Payalumbuh dengan Kodim 0306/50 Kota, Polresta Payakumbuh , dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Payakumbuh .

baca juga: Polres Payakumbuh Musnahkan Barang Bukti Ganja Seberat 98,3 Kg

Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh , Budhy Dharma Permana mengatakan, kegiatan lomba upacara bendera tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran generasi akan nilai-nilai budaya bangsa.

Proses pelaksanaannya di bagi ke dalam dua tahap, pertama babak penyisihan untuk kemudian ditetapkan tiga terbaik. Selanjutnya, sekolah yang terpilih sebagai tiga terbaik itu akan dinilai secara komperehensif terkait pelaksanaan upacara bendera di sekolah masing-masing untuk menentukan juara satu, dua, dan tiga.

baca juga: Pemko Payakumbuh tak Batasi Jumlah Penerima BPUM Tahap II

"Hadiah akan diberikan berupa trofi dan uang tunai. Juara satu Rp3 juta, juara dua Rp2,5 juta, juara tiga Rp2 juta. Harapan satu Rp1,5 juta, harapan dua Rp1 juta, dan harapan tiga Rp750 ribu," ungkapnya.

Asisten III Setdako Payakumbuh , Amriul Datuak Karayiang menyampaikan bahwa upacara bendera brmanfaat dalam menumbuhkan budi pekerti dan karakteristik untuk generasi muda sebagai penerus bangsa.

baca juga: Transfer Dana Pusat Berkurang, Kota Payakumbuh Harus Lakukan Efisiensi Pada APBD 2021

"Mari sama-sama kita jaga rasa nasionalisme kita demi keutuhan NKRI," kata Dt Amriul.

Ia menyebut, kesadaran akan wawasan kebangsaan ini harus dipelihara dengan baik, terlebih kepada generasi muda harapan bangsa yang akan menentukan nasib bangsa kita untuk kedepannya.

baca juga: Operasi Yustisi di Payakumbuh Sembilan Hari, 196 Pelanggar Protokol Kesehatan Ditindak

"Diharapkan nantinya dapat meningkatkan nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, serta patriotisme," katanya. (*)

Penulis: Taufik Hidayat