Rahang Anak Buruh Tani di Sijunjung Membengkak Karena Tumor

Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung dari Partai Gerindra Indrawadi Saat Membesuk Sonia Lorenza
Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung dari Partai Gerindra Indrawadi Saat Membesuk Sonia Lorenza (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SIJUNJUNG , KLIKPOSITIF -- Didiagnosa tumor Maksilofasial Dextra atau pembengkakan rahang kanan, Sonia Lorenza (17), hanya bisa terbaring di ruang perawatan Kulim 6 Rumah Sakit Umum (RSUD) Sijunjung .

Anak dari pasangan Vevi Rita Simi (38) dan Rinaldi (40), merupakan warga Jorong Sikaladi, Nagari Lalan, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung .

baca juga: Tiga Hari Bersama Konstituen, Andre Rosiade Salurkan Bantuan dan Aneka Pelatihan

Kepada KLIKPOSITIF Vevi mengatakan, pembengkakan yang dialami putri pertamanya tersebut sudah diketahui sejak awal Februari 2019 lalu. Sejak itu, lanjutnya, Sonia sudah beberapa kali dibawa berobat ke RSUD Sijunjung .

"Namun, empat bulan terakhir ini bengkaknya semakin membesar dan sejak awal tahun ajaran baru ini Sonia tidak bisa ke sekolah lagi di kelas VIII SMP Negeri 13 Sijunjung ," katanya di RSUD Sijunjung , Kamis 29 Agustus 2019.

baca juga: Sapa Warga Sijunjung, Andre Berbagi Bantuan Ratusan Juta untuk Masjid Sampai Pembangunan Rumah Adat

Ia menambahkan, suaminya Rinaldi, bekerja sebagai buruh tani, sementara dirinya seorang ibu rumah tangga. "Pekerjaan suami mengambil upah untuk mengerjakan sawah milik orang," ujarnya.

Direktur Utama RSUD Sijunjung Diana Oktavia mengatakan, saat di bawa ke IGD RSUD Sijunjung , Sonia Lorenza mengalami anemia berat dan malnutrisi, kemudian akan dilakukan transfusi PRC.

baca juga: Tidak Terbukti, Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Andre Rosiade Dihentikan

"Kondisi terakhir sudah mulai membaik dengan tetap melakukan tata laksana perbaikan keadaan lainnya, dan akan dirujuk ke RSUP DR M Djamil Padang untuk dilakukan biopsi tumor yang sudah dijadwalkan pada 4 September 2019 nanti," katanya.

"Dari hasil biopsi tumor nanti, akan dapat diketahui jenis sel apa yang menyerang dan baru dapat dilakukan kemoterapi," sambungnya.

baca juga: Keliling Sijunjung, Andre Bawa Bantuan Ratusan Juta

Lebih lanjut ia menjelaskan, penanganan medis yang dilakukan RSUD Sijunjung kepada pasien sudah dilakukan beberapa kali. Pada 26 Juli 2019, telah dilakukan ct-scan maksila di RSUP DR M Djamil Padang dengan hasil diagnosa Tumor Maligna Sinorasal Dominan Maksila kanan dengan Limfadenopati Multiple Regio Colli Bilateral.

"Kemudian, pada 30 Juli 2019,  pasien dibawa ke IGD RSUD Sijunjung , dianjurkan dirawat oleh DPJP Bedah, dan itu terlaksana sesuai kondisi dan dibolehkan pulang tiga hari kemudian," katanya.

Diana melanjutkan, pada 5 Agustus 2019, pasien melakukan kontrol rawat jalan poli bedah dan diberikan rujukan kembali ke poli bedah onkologi RSUP DR M Djamil.

"Pada 9 Agustus 2019, pasien kembali ke IGD RSUD Sijunjung , ternyata pasien belum berangkat ke RSUP DR M Djamil. Sehingga untuk perbaikan keadaan umum, pasien kembali di rawat di bangsal bedah RSUD Sijunjung ," ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung dari Partai Gerindra, Indrawadi langsung merespon dengan kondisi yang dialami Sonia Lorenza. Ia mengaku, mendapat informasi dari seorang warga yang memposting di media sosial. "Saya sangat perihatin melihat kondisi Sonia, itulah yang membawa saya datang membesuknya," katanya.

Ia menjelaskan, kedatangannya untuk membesuk warganya ini, murni atas nama kemanusiaan dan kepedulian, bukan hal lain. "Kita tentu menanyakan apa yang dibutuhkan, apakah sudah terdaftar di BPJS, jika belum tentu kita fasilitasi. Kedepannya ia berharap hal-hal seperti ini harus cepat ditangani," ujarnya lagi.(*)

Penulis: Muhammad Haikal