Apa yang Terjadi pada Bumi 500 Tahun Mendatang?

ilustrasi bumi
ilustrasi bumi (net)

KLIKPOSITIF -- Perjalanan waktu membuat manusia dapat kembali masa lalu menemukan peninggalan sejarah dan berjalan ke masa depan melihat apa yang terjadi pada Bumi . Namun apa kamu bisa memprediksi kondisi Bumi waktu 500 tahun yang akan datang?

Dilansir dari How Stuff Works, pada 2500-an mendatang iklim Bumi akan mendingin hingga mendekati kondisi Little Ace Age, Zaman Es Kecil yang terjadi pada sekitar 1300 hingga 1850 silam.

baca juga: Presiden AS Minta PBB Desak Cina Bertanggung Jawab Atas Pandemi Corona

Namun, studi lain memperkirakan bahwa perubahan iklim yang sedang berlangsung saat ini dan penggunaan bahan bakar fosil, akan membuat sebagian besar Bumi terlalu panas untuk kehidupan manusia pada 2300 mendatang.

Michio Kaku, seorang fisikawan teoretis dan futuris, memperkirakan bahwa hanya dalam kurun waktu 100 tahun, manusia akan membuat lompatan dari peradaban tipe nol ke peradaban tipe I pada Skala Kardashev. Dengan kata lain, manusia akan menjadi spesies yang dapat memanfaatkan seluruh jumlah energi planet.

baca juga: Mengaku Reinkarnasi Yesus, Pemimpin Sekte Ini Ditangkap

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka manusia abad ke-26 akan menjadi penguasa teknologi energi bersih seperti fusi dan tenaga surya. Selain itu, mereka akan dapat memanipulasi energi planet untuk mengendalikan iklim global.

Sektor teknologi sendiri telah meningkat secara eksponensial sejak 1500-an dan kecanggihan dari teknologi ini kemungkinan akan terus berlanjut hingga abad-abad mendatang.

baca juga: Pentingnya 3 M, Tom Frieden: Tak Ada Akhir Seperti Cerita Dongeng Untuk Pandemi

Di sisi lain, futuris dan penulis Adrian Berry mengungkapkan bahwa rentang hidup manusia nantinya akan memiliki rata-rata mencapai 140 tahun dan teknologi seperti penyimpanan digital kepribadian manusia mungkin akan muncul.

Hal-hal yang saat ini mustahil, kemungkinan akan dapat dilakukan di masa mendatang seperti bertani di lautan, melakukan perjalanan di kapal luar angkasa dan tinggal dengan koloni di Bulan dan Mars. (*)

baca juga: Normalisasi Hubungan UAE dan Bahrain dengan Israel, DPR: Indonesia Tetap Bersama Rakyat Palestina

sumber: HiTekno

Penulis: Agusmanto