Kunjungi Sentra Tenun Lintau, Ini Harapan Mufidah JK

Mufidah JK saat berbincang dengan siswi di Sentra Tenun Lintau Tanah Datar.
Mufidah JK saat berbincang dengan siswi di Sentra Tenun Lintau Tanah Datar. (Istimewa)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla mengharapkan agar siswi yang belajar di Sentra Tenun Lintau menjadi perajin tenun dan songket yang handal.

“Saya berharap siswi Tanah Datar mampu menjadi tenaga kerja yang handal terutama dalam menenun ataupun menjahit songket, sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi keluarga,” kata Mufidah JK saat berkunjung ke Sentra Tenun Lintau, Senin 2 September 2019.

baca juga: Simpan Daun Ganja Kering di Rumah, Pemuda di Tanah Datar Ditangkap Polisi

Mufidah meminta pada Pemerintahan Nagari dapat bekerjasama dengan Sentra Tenun untuk memanfaatkan potensi yang ada.

"Pemerintah Nagari diharapkan turut mendukung program belajar bagi putra dan putrinya di Sentra Tenun ini, karena sangat berguna bagi kehidupannya, karena kerajinan merupakan warisan nenek moyang yang sudah terkenal sampai mancanegara,” tutur RI 4 ini.

baca juga: Terbaik di Sumbar, TKSK Sungayang Tanah Datar Melaju ke Tingkat Nasional

Sementara itu Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan pembangunan sentra tenun berkat bantuan dari Kementerian PUPR dan Kementerian Perindustrian sejak 2017 sampai 2019.

"Keberadaan Sentra Tenun ini sangat dirasakan masyarakat khususnya anak-anak yang belajar dan berlatih membuat tenun dan songket," kata Wabup.

baca juga: 15 Pasien COVID-19 Sembuh, Dinkes Bersama Polres Tanah Datar Ajak Warga Mau Divaksin

Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Marwan menyebutkan pembangunan berbagai sarana di sentra tenun Lintau Buo ini sudah mencapai Rp24,5 miliar yang dibantu secara bertahap dari 2017 sampai 2019.

Berbagai pelatihan setiap tahunnya juga dilakukan sebanyak 12 kali dari APBD Tanah Datar , Yayasan Kriya Minangkabau asuhan Mufidah JK dan Balai Diklat Industri Padang.

baca juga: Seorang Pasien Positif COVID-19 Meninggal di RSUD Ali Hanafiah Batusangkar, Bupati Minta Warga Patuhi Prokes

"Untuk tahun 2020 akan dilakukan pelatihan seperti pewarnaan benang, renda songket, sulaman dan tenunan, sehingga orderan menjahit sehingga tidak perlu lagi membeli keluar Tanah Datar ,” tutur Marwan.

[Irfan Taufik]

Penulis: Iwan R