Tajuzzaki, THL-TBPP Utusan Pariaman Raih Berprestasi Tingkat Provinsi

Tajuzzaky, petugas THL-TBPP yang mendapatkan prestasi di Tingkat Provinsi Sumatera Barat sebagai Juara I THL-TBPP Teladan Tahun 2019.
Tajuzzaky, petugas THL-TBPP yang mendapatkan prestasi di Tingkat Provinsi Sumatera Barat sebagai Juara I THL-TBPP Teladan Tahun 2019. (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF -- Kementerian Pertanian memberi penghargaan kepada para penyuluh pertanian kategori Pegawai Negeri Sipil (PNS), Penyuluh Swadaya (PS) dan Tenaga Harian Lepas - Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP).

Untuk Kota Pariaman sendiri telah terpilih utusan dari Nagari Sikapak Kecamatan Pariaman Utara Tajuzzaky. Tajuzzaky adalah seorang petugas THL-TBPP yang mendapatkan prestasi di Tingkat Provinsi Sumatera Barat sebagai Juara I THL-TBPP Teladan Tahun 2019.

baca juga: Meriahkan HUT Pariaman, Pemko Gelar Lomba Foto

"Untuk Kecamatan Pariaman Utara, kami mempunyai wilayah binaan di Desa Sikapak Barat, Desa Sikapak Timur, dan Desa Cubadak Aia , dan untuk kelompok tani yang dibina ada 9 Kelompok Tani, 3 Kelompok Wanita Tani dan 3 Gabungan Kelompok Tani, semua beliau jalani dengan semangat tanpa mengeluh walaupun hanya sebatas petugas THL-TBPP," kata Tajuzzaky, Rabu 4 September 2019.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Tenaga Harian Lepas - Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian atau yang lebih dikenal dengan sebutan THL-TBPP ini adalah tenaga bantu penyuluh pertanian yang direkrut oleh Kementerian Pertanian selama kurun waktu tertentu dan melaksanakan tugas dan fungsinya dalam kegiatan penyuluhan pertanian.

baca juga: Tinggal Dua kelompok Pengrajin Batik Sampan yang Masih Bertahan di Pariaman

"THL-TBPP ini mempunyai tugas melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian kepada petani dan kelompok tani dalam rangka mengawal program peningkatan produksi dan produktivitas pertanian," sebut dia.

Dia juga menuturkan untuk penilaian di Tingkat Provinsi diusulkan tiga calon dari masing-masing kategori, dan selanjutnya dilakukan verifikasi oleh tim penilai Pusat melalui penilaian administrasi dan observasi/kunjungan lapangan. Hasil verifikasi dari tim penilai pusat dibahas dalam sidang pleno yang dihadiri oleh tim penilai pusat dan menghasilkan nama-nama penerima penghargaan dan selanjutnya diusulkan kepada Menteri Pertanian untuk ditetapkan sebagai penerima penghargaan di tingkat Nasional.

baca juga: Pemko Pariaman Bangun 1.000 Septic Tank untuk Warga

“Jadi kalau dilihat dari cara tim penilai melakukan penilaiannya bukan hanya dari administrasi saja yang dilihatkan tetapi dalam hal ini juga dinilai karakter dan sikap penyuluh pembina pada koordinator tingkat Kecamatan dan kepala UPT Tingkat Kota, disamping pendalaman materi ke penyuluh masing-masing atasan juga di kroscek tentang profil kita sehari-hari baik di kantor dan juga di lapangan”, pungkasnya.

“Setelah melalui proses penilaian oleh tim penilai dari tingkat Provinsi, untuk tahun 2019 ini saya dapat meraih Juara I sebagai Penyuluh Teladan Tingkat Provinsi kategori THL-TBPP, dan untuk penghargaan di tingkat provinsi diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit secara simbolis, hadiah berupa tabanas sejumlah Rp.12.500.000,- dan juga piagam penghargaan dan piala”, jelasnya.

baca juga: Polres Pariaman Bekuk Seorang Pria Diduga Pengedar Narkoba

Dia juga menyampaikan tentang penghargaan yang diberikan oleh kantor adalah berupa uang tunai sebesar Rp.2.500.000 dan dari bidang akan mengganti kendaraan dinas yang sering saya pakai sekarang dengan kendaraan dinas keluaran terbaru yang sudah disediakan hanya menunggu penyerahan saja lagi.

"Saya berharap dengan terpilih sebagai penyuluh teladan di tingkat provinsi, dapat menjadi contoh dan motivator bagi penyuluh pertanian lainnya yang ditunjukan dengan kompetensi dan kehandalannya dalam mendampingi para petani, gapoktan, dan Kelembagaan Ekonomi Petani untuk mengembangkannya," kata Tajuzzaky. (Rehasa)

Penulis: Eko Fajri