Buruan Mendaftar, PNP Buka Prodi TRIL untuk Program Sarjana Terapan

Direktur PNP Surfa Yondri (tengah) bersama Wadir 1 PNP Revalin Herdianto (tiga dari kanan) dan Wadir II Anton (paling kanan) saat jumpa pers lounching prodi TRIL program Sarjana Terapan di kampus PNP Limau Manis.
Direktur PNP Surfa Yondri (tengah) bersama Wadir 1 PNP Revalin Herdianto (tiga dari kanan) dan Wadir II Anton (paling kanan) saat jumpa pers lounching prodi TRIL program Sarjana Terapan di kampus PNP Limau Manis. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITF - Kabar gembira bagi lulusan setingkat SMA yang hingga ini belum mendapatkan tempat kuliah terbaik. Politeknik Neger Padang ( PNP ) sebagai Perguruan Tinggi unggulan di Kota Padang, membuka program studi (Prodi) Teknologi Rekayasa Listrik (TRIL) program Sarjana Terapan.

Direktur PNP Surfa Yondri mengatakan, untuk tahun pertama ini, PNP menyediakan kuota untuk 1 kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 28 orang. Untuk itu, bagi lulusan setingkat SMA yang hingga kini belum mendapatkan tempat kuliah terbaik, silahkan untuk mendaftar menjadi mahasiswa baru PNP pada prodi TRIL untuk program Sarjana Terapan.

baca juga: Mahasiswa Baru PNP Ikuti PPKMB Secara Daring

"Waktu pendaftaran calon mahasiswa prodi TRIL program Sarjana Terapan sudah kami buka mulai hari ini, Senin 9 September, hingga berakhir pada 18 September mendatang," kata Surfa Yondri usai me-lounching prodi TRIL program Sarjana Terapan di kampus PNP Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Senin, 9 September 2019.

Untuk ujian penerimaan mahasiswa baru , lanjutnya, akan dilakukan pada 19 September mendatang. Ujiannya digelar di Kampus PNP , dan ujiannya berbasis komputer mencakup empat mata ujian, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Fisika dan bahasa Indonesia.

baca juga: PNP dan Dinas Pariwisata Sumbar Teken MoU Bidang Pariwisata

"Bagi peserta ujian yang lulus sebagai mahasiswa baru prodil TRIL program Sarjana Terapan atau Diploma IV, akan melakukan pendafataran ulang pada 20 September pukul 09.00-11.00 WIB. Kemudian pada pukul 13.00 WIB, dilanjutkan dengan pembekalan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru ," ujarnya.

Surfa Yondri menjelaskan, prodi TRIL untuk program Sarjana Terapan ini dibuka PNP , juga berdasarkan keputusan Menrisetdikti Nomor 773/KPT/I/2019 tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknologi Rekayasan Listrik, Program Sarjana terapan di PNP . "Prodi ini baru dibuka, karena salinan surat keputusan dari Kemenrisetdikti baru kami terima pada 28 Agustus kemarin," jelasnya.

baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri, PNP Kerjasama dengan 15 PTS di Lingkunhan LLDikti Wilayah X

Pembukaan prodi TRIL program Sarjana Terapan ini, sambung Surfa Yondri, juga usulan dari industri dan alumni. Sebab, selama ini lulusan Diploma III untuk prodi TRIL di dunia kerja hanya mampu mencapai karir puncaknya sebagai supervisor. "Sementara pihak industri dan alumni, minimal butuh Sarjana Terapan atau Diploma IV untuk bisa mencapai karir manajerial," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur I PNP Revalin Herdianto mengatakan syarat untuk calon mahasiswa pada prodil TRIL program Sarjana Terapan, yaitu WNI dan usia maksimal 22 tahun pada 22 Agustus 2019. Kemudian tidak buta warna, dan lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK untuk jurusan Instrumen Industri, Kelistrikan Kapal, Kelistrikan Pesawat Udara.

baca juga: PNP Teken Kerjasama dengan 8 Asosiasi Kontruksi

Kemudian lulusan jurusan Teknik Distribusi Tenaga Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Instalasi Tenaga istrik, Teknik Jaringan tenaga Listrik, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pembangkit Tenaga Listrik, Teknik Transmisi dan Teknik Transmisi Tenaga Listrik.

"Bagi lulusan setingkat SMA yang memenuhi persayaratan, bisa langsung mendaftar ke PNP dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp300 ribu, dan itu boleh diwakilkan. Namun untuk pendaftaran ulangnya, harus dilakukan oleh calon mahasiswa baru , dan tidak boleh diwakilkan," katanya.

Kemudian saat daftar ulang, lanjutnya, calon mahasiswa menggunakan pakaian seragam sekolah masing-masing, menyerahkan persyaratan berupa kartu tanda ujian masuk PNP (UMPN), fotocopi ijazah/SKHU/SJL dan rapor semester 1-6 yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah. "Untuk syarat lebih jelasnya, silahkan datang ke kampus PNP di Limau Manis," bebernya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Elektro Afrizal Yuhanef mengatakan, untuk biaya kuliahnya (Uang Kuliah Tunggal) dengan rincian Rp3 juta, transportasi Rp250 ribu, dan uang asuransi Rp15 ribu. "Khusus biaya diklat kedisiplinan dan bela negara sebesar Rp950 ribu, dibayar pada Mei 2020," kata Afrizal.(*)

Penulis: Riki Suardi