Simpan Sabu di Saku Celana, Warga Tanah Datar ini Ditangkap Polisi

Tersangka Miluih yang diamankan Polres Tanah Datar beserta barang bukti.
Tersangka Miluih yang diamankan Polres Tanah Datar beserta barang bukti. (istimewa)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -- Akibat menyimpan narkotika jenis sabu dalam saku celana, Jamilus atau Miluih (42), warga Jorong Kinawai, Nagari Balimbing, Kecamatan Rambatan, ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Datar .

Kapolres Tanah Datar , AKBP Bayuaji Yudha Prajas di Batusangkar, Rabu 11 September 2019 mengatakan, penangkapan tersangka penyalahgunaan narkotika ini dilakukan berawal dari laporan masyarakat bahwa ia sering menggunakan dan mengedarkan barang haram tersebut di sekitar wilayah Kecamatan Rambatan.

baca juga: Polres Bukitinggi Musnahkan 11 Kilogram Ganja Kering

Menindaklanjuti informasi tersebut, kata Kapolres, petugas langsung melakukan penyelidikan kepada yang bersangkutan. Pada Selasa 10 September 2019 sekira pukul 16.00 WIB, petugas melihat Miluih sedang berjalan di pinggir jalan di Jorong Baduih, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan.

"Saat anggota menghampiri tersangka, dia sempat lari sehingga petugas melakukan pengejaran hingga ke samping Lapangan Futsal Dusun Napa dan berhasil membekuknya," tutur Bayu.

baca juga: Belasan Paket Besar Ganja Kering Dimusnahkan di Pasaman

Ketika dilakukan penggeledahan, polisi menemukan tujuh paket sabu dan satu paket daun ganja kering yang disimpan dalam kotak rokok di dalam saku celana depan. Petugas pun melanjutkan penggeledahan ke rumah orangtua Miluih dan menemukan ditemukan satu set alat isap sabu dan satu pak plastik bening pembungkus sabu di dapur rumah.

Kasat Resnarkoba Polres Tanah Datar , Iptu Yaddi Purnama menyampaikan, Miluih yang ditetapkan sebagai tersangka bersama barang bukti yang ditemukan dan dibawa ke Mapolres Tanah Datar untuk penyelidikan lebih lanjut.

baca juga: Pasien 012 Sembuh, Tanah Datar Zero Kasus Positif COVID-19

"Dia melanggar Pasal 114 ayat 1, Pasal 112 ayat 1, dan Pasal 127 ayat 1 Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara 5 sampai 20 tahun," tutup Kasat.

[Irfan Taufik]

baca juga: Peringati Hari Anti Narkoba Internasional, Semen Padang Gelar Lomba Puisi dan Poster

Penulis: Agusmanto