Jelang TdS 2019, Pengerjaan Jalan Terban di Mandeh Belum Rampung

Pengerjaan jalan di kawasan Mandeh yang akan dilalui pebalap TdS 2019.
Pengerjaan jalan di kawasan Mandeh yang akan dilalui pebalap TdS 2019. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pengerjaan ruas jalan di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh yang terban sejak Maret 2019 lalu hingga kini masih belum kunjung tuntas dikerjakan.

Pantauan KLIKPOSITIF , ruas jalan yang rencananya akan menjadi jalur Tour de Singkarak (TdS) 2019 itu masih terlihat terban dan dalam pengerjaan. Dari jalan yang terban, hanya sebagian bahu jalan bisa dilewati. Tampak, hanya bisa dilewati untuk satu kendaraan saja, secara bergantian dari berlawanan arah.

baca juga: Sudah 10 Hari Trafick Light di Padang Mati, Dinas Perhubungan: Sedang Dicarikan Anggaran

Sesuai dengan masa kontrak jalan yang terban, pengerjaan itu ditargetkan selesai hingga Desember atau melewati jadwal TdS 2019 yang akan melintasi jalur tersebut. "Dalam kontrak kami Desember, dalam 160 hari kalender," sebut Petugas Lapangan Kontraktor, Adi kepada KLIKPOSITIF .

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyebutkan, perbaikan jembatan dan jalan di jalur kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh akan siap jelang November atau sebelum Tour de Singkarak (TdS) 2019.

baca juga: Dukungan Masyarakat Menentukan Suksesnya Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Kabid Bina Marga, Dinas PU Pesisir Selatan, Digdian Budiman mengungkapkan, penanganan jalur tersebut akan tuntas melalui Balai Jalan Nasional Kementerian PU-PR. "Itu dari hasil survei bersama Badan Jalan Nasional beserta panitia (TdS). Balai sudah bertanggungjawab," ungkap Digdian Budiman kepada KLIKPOSITIF .

Dia menjelaskan, untuk jalur Mandeh yang akan ditingkatkan atau diperbaiki, keseluruhannya terdapat sebanyak enam titik, lima titik jembatan dan satu titik jalan . Semuanya ditargetkan sebelum November 2019 sudah clear.

baca juga: Ketua DPRD Sumbar Ikut Tinjau Jalan Rusak di Lareh Sago Halaban

"Jadi sebelum November nanti, semua jembatan sudah selesai. Begitu juga untuk satu titik jalan putus," jelasnya.

Menurutnya, jika persoalan tersebut sudah dituntaskan tidak ada alasan lagi jalur Mandeh tidak bisa dilalui TdS. Sebab, penanganannya sudah langsung di Badan Jalan Nasional. "Insha Allah jalur Mandeh tetap akan dilewati. Balai yang bertanggungjawab, bukan PU provinsi. Karena masih penanganan Balai Jalan Nasional," terangnya.

baca juga: Riset Ungkap Aktifitas Fisik Ringin Bisa Tingkatkan Mood

Diketahui untuk, Tour de Singkarak (TdS) 2019, rencananya akan digelar 2 hingga 10 November 2019 yang terbagi dalam sembilan etape dengan Grand Start yang dilakukan di Kota Pariaman dan Grand Finis nantinya di Kota Padang.

Berikut etape TdS 2019:

Etape I : Kota Pariaman - Tanah Datar.
Etape II : Pasaman - Bukittinggi.
Etape III : Payakumbuh - Sawahlunto.
Etape IV : Limapuluh Kota - Dharmasraya.
Etape V : Kabupaten Solok - Agam.
Etape VI : Padang Panjang - Solok Selatan.
Etape VII : Kayu Aro - Kerinci.
Etape VIII: Sungai Penuh - Pesisir Selatan.
Etape IX : Pesisir Selatan - Padang.

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Agusmanto