Pantau Langsung Proses Pemadaman Karhutla di Riau, Kepala BNPB: Sangat Membahayakan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melakukan kunjungan kerja dengan agenda pemantauan lapangan langsung kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, Rabu (11/9).
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melakukan kunjungan kerja dengan agenda pemantauan lapangan langsung kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, Rabu (11/9). (BNPB)

KLIKPOSITIF -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) Doni Monardo melakukan kunjungan kerja dengan agenda pemantauan lapangan langsung kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, Rabu (11/9).

Doni Monardo beserta rombongan yang terdiri dari Kalaksa BPBD Riau Edward, Danrem Pekanbaru Brigjen Fadjar, Tenaga Ahli BNPB Mayjen Pur Komaruddin Simanjuntak dan Egy Massadiah mendarat di lapangan Desa Kerumutan setelah terbang selama 1,5 jam menggunakan helikopter dari Bandara Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau.

baca juga: MotoGP Mandalika Beri Dampak Ekonomi, Menparekraf Siapkan Tiga Program

Sepanjang perjalanan Doni menyaksikan langsung dua helikopter water bombing yang melakukan penyiraman pada sejumlah titik api dengan asap tebal.

Pada saat yang sama, rombongan kemudian dikejutkan dengan adanya sejumlah kilang pompa minyak milik Pertamina yang hanya berjarak kurang dari 40 meter dari sumber api Desa Kerumutan.

baca juga: Bertambah, Korban Jiwa Gempa Sulbar Kini Jadi 56 Orang

"Ini sangat membahayakan karena ada sumur minyak yang jika tersambar api dapat menimbulkan kebakaran fatal," tegas Doni.

Dalam kunjungan tersebut, mantan Komandan Jenderal Kopassus itu turut serta memadamkan api yang dibantu aparat TNI Polri, BPBD, Manggala Agni di sekitar lokasi sumur minyak Pertamina dan sumber api sekitarnya.

baca juga: Ingkar Janji Saat Kampanye, Wali Kota Ini Diikat ke Pohon Oleh Warga

Penulis: Eko Fajri