Pessel Diselimuti Kabut Asap, Warga Diminta Gunakan Masker Keluar Rumah

Kabut asap menyelimuti perbukitan
Kabut asap menyelimuti perbukitan (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Kabut asap mulai menyelimuti kawasan Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat. Pemandangan kabut asap di daerah ini terlihat jelas, saat arah pandangan tertuju ke arah pebukitan dan laut.

Seperti pantauan KLIKPOSITIF , Jumat pagi hingga siang 13 September 2019, sebagian area pebukitan terlihat tertutup asap.

baca juga: Jumat Besok, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah Resmi Jadi Bupati dan Wakil Bupati Pessel

"Kemarin juga sama, apalagi saat pagi. Itu ketebalan asapnya, sangat terlihat jelas," ungkap Gusti (28) warga setempat kepada KLIKPOSITIF .

Senada dengan Gusti, Aciek (66) menyebutkan, kondisi tersebut sudah dirasakan dalam seminggu ini. Hanya saja belum, berdampak terhadap aktivitas.

baca juga: Pungutan Rekomendasi IMB di Nagari Tidak Dibenarkan, Perizinan Pessel: Itu Pungli

Kondisi ini dikhawatirkan bisa berdampak terhadap kesehatan.

"Kami harap pemerintah cepat tanggap dengan kondisi ini. Karena jika berlangsung lama akan mengganggu pernapasan," tutup Aciek.

baca juga: Pengerjaan Pasar Surantih Pessel Terbangkalai, Kontraktor Jelaskan Hal Ini

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan , Jumsu Trisno mengakui, sejak beberapa hari belakangan indeks udara mengalami perubahan, dari baik ke sedang.

"Jam-jam tertentu, memang masuk ke sedang (kualitas udara). Tapi, masih dalam posisi baik," terangnya.

baca juga: Dua Rumah di Pancung Soal Pessel Hangus Dilalap Api

Pihaknya bakal terus melakukan pemantauan kualitas udara di daerah tersebut. Jika sewaktu-waktu semakin buruk, maka diminta kepada warga menggunakan masker saat keluar rumah.

"Instruksi pak Gubenur sudah ada. Mungkin kita akan menindaklanjuti juga, aktivitas diluar rumah untuk menggunakan masker," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]

Penulis: Rezka Delpiera