Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Diganjar Penghargaan Lencana Darma Bakti

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar terima penghargaan Lencana Darma Bakti dari Mabicab Gerakan Pramuka Sumbar, Irwan Paryitno, Sabtu (14/9)
Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar terima penghargaan Lencana Darma Bakti dari Mabicab Gerakan Pramuka Sumbar, Irwan Paryitno, Sabtu (14/9) (Ist)

BATUSANGKAR, KLIKPOSITIF - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar, Syahruddin menerima penghargaan Lencana Darma Bakti diberikan langsung oleh Mabicab Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam kegiatan Peringatan Hari Pramuka ke-58 Tingkat Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat dengan tema Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI, di Pagaruyung, Sabtu, 14 September 2019.

Darma Bakti merupakan penghargaan bergengsi dari kwartir nasional yang diberikan kepada insan pramuka yang dinilai telah mendarma baktikan pikiran, perbuatan, pengabdian dan kemajuan bagi gerakan pramuka dalam kurun waktu lima belas tahun.

baca juga: Kunker ke Dharmasraya, BKKBN Sumbar Dorong Pelaksanaan Program Bangga Kencana

"Penghargaan ini diperoleh karena peran serta BKKBN dalam program pramuka Satuan Karya (Saka) Pramuka Kencana," ujarnya usai menerima penghragaan tersebut.

Dijelaskannya, sikronisasi kegiatan antar BKKBN dan Saka Kencana itu dalam rangka Pembinaan Remaja yakni sebagai upaya penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) memandang perlu untuk menggandeng dan bekerjasama dengan berbagai pihak yang strategis dalam mencapai tujuan Pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, termasuk dengan Gerakan Pramuka.

baca juga: Sering di Rumah, Angka Kelahiran Sumbar Meningkat: Wagub Minta BKKBN Edukasi Masyarakat Berhubungan Badan Saat COVID-19 Pakai Pengaman

"Kita sudah menandatangani MoU dengan Kwarda Sumbar agar kegiatan kepramukaan di BKKBN dan Saka Kencana dapat lebh ditingkatkan lagi," katanya.

Untuk program Saka Kencana dan Genre lanjut Syahruddin, yang disasar adalah generasi muda dengan usia produktif, terutama yang masih berada di bangku pendidikan sekolah. Selain itu, anak muda yang telah menyelesaikan pendidikannya namun belum memiliki lapangan pekerjaan juga menjadi sasaran untuk kegiatan BKKBN dan Saka Kencana.(*)

baca juga: Peduli Generasi Muda, Fadly Amran dan Dian Puspita Raih ABG Award 2020

Penulis: Khadijah