Bak Film Action, Pencuri Sapi di Padang Pariaman Ini Tak Lumpuh Meski Ditembaki

ilustrasi penangkapan
ilustrasi penangkapan (net)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Pelarian Hendra (35), tersangka pencurian ternak di kawasan Padang Pariaman berakhir di Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sabtu 14 September 2019. 

Upaya polisi menangkap tersangka sempat gagal lantaran Hendra berusaha kabur menggunakan mobil dan ditembak polisi beberapa kali.

baca juga: Perempuan 18 Tahun Ditusuk di Kawasan Tandikek Padang Pariaman

Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rizky Nugroho mengatakan, saat hendak diringkus tersangka berusaha lari dengan mobil dan anggotanya menembak mobilnya untuk menghentikan pelarian.

"Saat proses penangkapan, tersangka melarikan diri dan terpaksa petugas menembak mobil untuk menghentikan laju kendaraan, namun tidak berhasil," kata Kapolres.

baca juga: Yayasan Al Aziz Bantu 3 Korban Kebakaran di Padang Pariaman

Penangkapan itu berawal dari laporan yang dibuat korban karena telah kehilangan sapi. Usai dapat laporan, polisi langsung melakukan pengejaran dan menemukan tersangka sedang membawa sapi dengan mobil Pick Up warna hitam nopol BA 9960 BB di kawasan Lubuk Alung. 

Tim Reskrim pun langsung membuntuti tersangka. Namun, tersangka yang menyadari keberadaan petugas mencoba mengecoh petugas dengan berbalik arah.

baca juga: Akses Utama, Masyarakat Berharap Pengerjaan Jembatan yang Ambruk di Kayu Gadang Padang Pariaman Segera Selesai

"Kami berusaha menghadang tersangka, namun dia masih berusaha kabur dan menabrak satu unit mobil. Petugas juga melepas tembakan peringatan sebanyak dua kali, tetap tak diindahkan. Makanya, petugas kita menembak mobilnya," jelas Rizky. 

Dikatakannya juga, saat dalam pengejaran, sapi yang dibawa tersangka terjatuh dari mobil, tapi tersangka tetap melaju dengan kecepatan tinggi dan berhasil kabur. 

baca juga: Polisi Temukan Ladang Ganja di Aur Malintang, Kapolres: Ada Sekitar 400 Bibit Ganja

"Esoknya kami temukan mobil yang dibawa tersangka di tepi jalan tanpa seseorang pun di dalamnya. Di jok mobil itu terlihat darah berceceran, diduga darah tersangka yang  tertembak," sebut Kapolres.

Petugas yang sudah kehilangan jejak tersangka, berusaha mencari informasi. Berdasarkan informan polisi, tersangka ini ternyata berada di Dharmasraya dan langsung dikejar. 

"Kami bekerja sama dengan pihak Polres Dharmasraya untuk meringkus tersangka. Dia berhasil diamankan tanpa perlawanan dan dibawa ke Polres Padang Pariaman untuk penyelidikan lebih lanjut," ujar Kapolres.

Saat ini, tersangka sudah berada di Polres Padang Pariaman bersama barang bukti berupa mobil dan hewan hasil curian tersebut.

[Rehasa]

 
 

Penulis: Agusmanto