Irwan Prayitno, Gubernur yang Paham Psikologi Anak

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno , memang seorang yang multimedia dan serba bisa. Berpantun, main musik, menyanyi juga menulis.

Buku Mendidik dan Membesarkan Anak Berkarakter yang ditulis Irwan bisa menjadi referensi bagi orang tua dalam mendidik anak. IP (sapaan akrab gubernur) juga merupakan ayah yang sukses mendidik anak-anaknya dekat dan punya dasar agama.

"Orang tua adalah orang yang pertama mempengaruhi kepribadian anak," saat Bedah Buku yang berjudul "Mendidik dan Membesarkan Anak Berkarakter, Senin 16 September 2019 di Kampus Adzkia Padang.

baca juga: Terdampak COVID-19, Pemprov Sumbar Stimulus Berbagai Sektor Untuk Pulihkan Perekonomian

Dijelaskannya, dalam mendidik anak perlu konsistensi sikap, tapi tidak bersifat menekan yang kemudian menimbulkan sifat rendah diri, penakut, minder pada anak.

"Kemudian berikan mereka pendidikan agama sedari dini sebagai dasar serta landasan dalam kehidupan. Semakin dini anda menanaman hal ini pada seorang anak maka akan semakin kuat iman mereka, terutama ketika mereka sudah mengalami pubertas nantinya," ujarnya.

baca juga: Gubernur Sumbar Minta Bupati/Walikota Sampaikan ke Masyarakat Kalau Tak Pakai Masker Bisa di Penjara

Kemudian, IP melanjutkan penjelasannya, lingkungan juga mempengarahui karakter anak. Untuk itu Biasakan anak bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

"Ingat pilihan terhadap lingkungan sangat menentukan pembentukan karakternya," terang IP.

baca juga: Pemprov Sumbar Sosialisasikan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru di Pantai Padang

"Nah, sekarang kita memahami mengapa membangun pendidikan karakter anak sejak usia dini itu penting. Usia dini adalah usia yang menentukan, maka manfaatkan usia itu sebaik-baiknya," tutup Profesor Psikologi itu.

Bedah buku ini diprakarsai oleh penerbit buku Erlangga dengan judul “Mendidik dan Membesar Anak Berkarakter” penulisnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno , dihadiri oleh 300 peserta dari kalangan Mahasiswa STKIP Adzkia Padang. (*)

baca juga: Tegas, Gubernur Sumbar: Semua Tahapan Pilkada 2020 Harus Sesuai Protokol Kesehatan

Penulis: Joni Abdul Kasir