Tekan Angka Stunting di Sumbar, APPI: ASI Eksekutif 6 Bulan Tanpa Makanan Tambahan

Ilustrasi
Ilustrasi (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) bersama Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) fokus menuntaskan kasus stunting di provinsi tersebut.

Ketua Pelaksana Pengerakan Masyarakat Optimilisasi Germas dan Pencegahan Stunting APPI di Empat Provinsi, Endang Sri Widyaningsih mengungkapkan, stunting bisa menyerang siapa saja termasuk keluarga mampu.

baca juga: Menko PMK: Angka Stunting Kita Harus Dibawah 680 Ribu Per Tahun

"Jadi stunting ini tidak hanya menyerang masyarakat tidak mampu saja. Namun, masyarakat dengan ekonomi mampu juga dapat terserang stunting jika pola asupan gizi tidak diperbaiki," tuturnya, Kamis, 19 September 2019.

Oleh karena itu perlunya pemenuhan gizi ini agar tidak kekurangan gizi, kemudian katanya pola asuh dengan memberikan ASI ekslusif kepada bayi tanpa penambahan makanan hingga umur 6 bulan.

baca juga: Sekda Sumbar: LGBT, Stunting dan COVID-19 Bisa Dijadikan Program PKK!

"Lalu lingkungan yang bersih, terutama pengelolaan sampahnya. Oleh karena itu kita mesti menyadarkan masyarakat dalam hal ini," tuturnya.

Selain itu, pihaknya akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Solok dalam gerakan pencegahan stunting ini. 

baca juga: Jokowi Minta Jajarannya Fokus Turunkan Angka Stunting di 10 Provinsi Ini

"Kita akan sama-sama memberikan penyuluhan kepada masyarakat disana dalam pemenuhan gizi agar stunting ini tidak lagi menjadi hal menakutkan bagi masyarakat, sebab ini dapat dicegah dengan memberikan asupan gizi yang sempurna," ulasnya.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, penurunan kasus stunting atau anak bertubuh pendek menjadi fokus Pemprov Sumbar. Apalagi, di beberapa daerah kasus stunting ini masih ada yang tergolong tinggi.

baca juga: Peringati Konvergensi Pencegahan Stunting, Ini yang Dilakukan Pemkab Lima Puluh Kota

"Kita masih ada beberapa daerah yang kasus stunting ini masih tinggi, seperti Kabupaten Solok, Pasaman Barat dan Pasaman. Serta, daerah lainnya," ujarnya.

Disebutkannya, dengan dukungan APPI serta stakeholder terkait yang berupaya menurunkan angka stunting di Sumbar dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat akan membantu Pemprov Sumbar dalam menurunkan angka stunting .

"Kita sangat terbantu dengan organiasi APPI ini dalam membantu penurunan stunting di Sumbar, apalagi mereka akan turun langsung ke daerah dengan angka stunting tertinggi tersebut," katanya. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir