Kapolda Sumbar Lantik 13 Kapolres, Siapa Saja Mereka?

Kapolres Padang Panjang Kota, AKBP Sugeng Hariadi dilantik oleh Kapolda Sumbar
Kapolres Padang Panjang Kota, AKBP Sugeng Hariadi dilantik oleh Kapolda Sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kapolda Sumbar melantik 13 orang Kepala Kepolisin Resor (Kapolres) se jajarannya pada Kamis 19 September 2019 di Mapolda Sumbar.

Yang dilantik itu adalah Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis mengisi kekosongan posisi Wakapolresta Padang sepeninggal AKBP Kobul Syahrin Ritonga yang pindah tugas ke Polda Jawa Timur (Jatim) beberapa waktu lalu.

baca juga: Polda Sumbar Luncurkan Aplikasi E-Dumas, Ini Fungsinya

Kemudian posisi Haris digantikan oleh AKBP Sri Wibowo yang sebelumnya menjabat Kepala Satuan (Kasat) Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Sumbar .

Setelah itu, Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin dimutasi ke Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda Sumbar , dengan jabatan baru sebagai Inspektur Bidang (Irbid) Itwasda.

baca juga: Ketahanan Pangan Nusantara, Indra Catri Panen Raya Ikan Kolam Air Deras Bersama Polri

Haris kemudian digantikan oleh AKBP Hendri Yahya yang menjabat posisi sama di Kepulauan Mentawai. Sebagai pengganti Hendri, yaitu AKBP Dody Prawiranegara, yang sebelumnya bertugas di Polda Jawa Barat (Jabar) sebagai Penyidik Madya I Direktorat Reserse Narkoba.

Selanjutnya AKBP Endrastiawan Setyowibowo, Kapolres Kota Payakumbuh ditarik ke Mabes Polri sebagai Wakil Kepala Pusat Pendidikan (Wakapusdik) Pembinaan Masyarakat (Binmas) Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri.

baca juga: Bupati Agam Indra Catri Bantah Tuduhan ES Dibalik Postingan Akun FB Mar Yanto

Posisinya digantikan oleh AKBP Dony Setiawan, yang sebelumnya menjadi Kapolres Solok Kota selama beberapa tahun belakangan. Untuk posisi Dony diisi oleh Kapolres dari Sumbar, yaitu AKBP Ferry Suwandi yang memimpin wilkum Agam.

Sedangkan posisi Kapolres Agam, digantikan oleh AKBP Dwi Nur Setiawan, yang sebelumnya Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Penegakkan Hukum (Gakkum) Polda Sumbar .

baca juga: Permohonan Penangguhan Penahanan Tak Digubris Hingga Meninggal, Tim PH Lehar Adukan Dua Penyidik Polda Sumbar ke Divpropam Polri

Kapolres Kota Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana yang sempat hendak dipindahkan ke Pulau Kalimantan beberapa waktu lalu akhirnya dipindah pada saat ini.

Ia digeser ke Polda Bangka Belitung (Babel) sebagai Wakil Direktur (Wadir) Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum). Arly digantikan oleh Kapolres Pasaman Barat (Pasbar) AKBP Iman Pribadi Santoso. Mengisi posisi yang ditinggal Iman, yaitu Kapolres Pesisir Selatan (Pessel), AKBP Fery Herlambang.

Mengisi Kapolres Pessel sepeninggalan Fery juga merupakan Kapolres dari Polda Sumbar , yaitu AKBP Cepi Noval yang selama dua tahun terakhir memimpin Polres Kota Padang Panjang.

Posisi Kapolres Kota Padang Panjang, kemudian diisi oleh AKBP Sugeng Hariyadi, yang sebelumnya menjabat Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) III Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sumbar .

Kemudian, Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas, dipindah ke Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam) Polri sebagai Kepala Seksi Pemeliharaan Kendaraan Pesawat Udara (Kasiharkanpesud) Sub Direktorat Fasilitas Pemeliharaan Kendaraan (Subit Fasharkan) Direktorat Kepolisian Udara (Dit Poludara) Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud).

Posisinya digantikan oleh Kasubdit IV Dit Reskrimsus Polda Sumbar , AKBP Rokhmad Hari Purnomo.

Terakhir, Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rizki Nugroho ditarik ke Polda Sumbar , sebagai Kepala Bagian (Kabag) Informasi dan Logistik (Infolog) Biro Logistik (Rolog) Polda Sumbar . Posisinya digantikan oleh AKBP Zamroni Wibowo yang menjabat sebagai Kapolres Sawahlunto.

Pengganti Zamroni berasal dari Mabes Polri, yaitu AKBP Junaidi Nur yang bertugas di Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Mabes Polri sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Pemeliharaan Ketertiban dan Kedisiplinan (Hartibplin) Bagian Penegakkan Ketertiban dan Kedisiplinan (Bag Gaktibplin) Biro Provos (Roprovos).

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal mengatakan bahwa perwira yang dilantik diharapkan agar bisa melayani mayarakat dengan lebih baik lagi.

"Dengan pergantian ini, ada yang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) yang baru dan ada juga yang AKBP mantap, diharapkan bisa mengemban tugas dengan baik," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa tugas utama Kapolres yang baru dilantik itu agar bisa fokus pada Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

[Halbert Caniago]

Penulis: Rezka Delpiera