Solok Selatan Nyatakan Diri Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022

Ketua DPRD dukung Solsel jadi tuan rumah
Ketua DPRD dukung Solsel jadi tuan rumah (Ist)

SOLOK SELATAN , KLIKPOSITIF -- Tim Verifikasi KONI Sumbar melakukan pertemuan dengan Pemerintah Daerah Solok Selatan dan KONI setempat untuk melihat kesiapan daerah tersebut menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Sumatra Barat ke-17 tahun 2022, Kamis 19 September 2019.

Ketua Tim Verifikasi N. Nofi Sastra mengatakan, kedatangan tim verifikasi untuk memastikan kesiapan Solok Selatan sebagai tuan rumah.

baca juga: Pilkada Solsel, Jon Matias-Jufrial Yakin Bisa Lolos dari Jalur Perseorangan

“Kita datang untuk mendengar pemaparan kesiapan menjadi tuan rumah sekaligus meninjau ke lapangan. Sebelumnya kami sudah ke Kota Padang Panjang melihat kesiapan menjadi tuan rumah bersama," kata Nofi.

Dalam melakukan verifikasi, Nofi memastikan tim akan seobjektif mungkin. Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan akan dicatat untuk dibahas bersama tim sehingga nanti hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

baca juga: KPU Solsel Tuntaskan Vermin Dukungan Perbaikan Pasangan Jon Matias-Jufrial

Selain Solok Selatan , Padang Panjang dan Tanah Datar mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama, serta Kota Pariaman dan Kota Solok.

Turut hadir Sekum KONI Sumbar, Irnaldi Samin bersama anggota tim di antaranya Reri Lazuardi, Mukhtar Anwar, Reymon, Sareng Suprapto dan Kepala OPD terkait.

baca juga: Pilkada Solsel: Golkar Masih Tunggu Rekomendasi DPP untuk Pendamping Khairunnas

Bupati Solok Selatan yang diwakili Asisten II Putra Nusa menyatakan kesiapan pemerintah daerah sebagai tuan rumah Porprov XVII 2022.

“Kami Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan bersama masyarakat berkomitmen untuk menjadi tuan rumah Porprov XVI Sumatra Barat dengan sarana dan prasarana yang sudah ada maupun yang akan dibangun. Kiita siap menjadi tuan rumah yang baik ”ucap Putra Nusa.

baca juga: DPRD Solsel Selamatkan Silpa Anggaran 66 Miliar Rupiah

Untuk lokasi pertandingan, jelas Putra Nusa, Solsel memiliki banyak pilihan termasuk akan dibangunnya Sport Center di Kecamatan Pauh Duo.

Sarana pendukung lainnya, Solok Selatan memiliki sarana pendukung yang cukup baik seperti penginapan bagi tamu VIP berupa Villa di kawasan Objek Wisata Camintoran dan kawasan Seribu Rumah Gadang. Ketersediaan hotel bintang 2, bintang 1 maupun homestay.

Seandainya diputuskan penginapan atlet memakai sekolah, banyak sekolah yang berlokasi di seputaran Kota Padang Aro sehingga memudahkan mobilitas atlet dan ofisial.

“Kita juga akan benahi MCK sekolah-sekolah sehingga akan lebih nyaman dan tidak terjadi antrian yang terlalu panjang saat akan mandi,” ujarnya.

Selain itu, Solok Selatan dikenal sebagai daerah yang kaya dengan destinasi wisata baik wisata budaya, sejarah, alam yang indah serta memiliki kuliner yang beragam yang menjadi nilai plus bagi atlet dan masyarakat yang datang dari seluruh kabupaten/kota.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Zigo Rolanda mengatakan, masyarakat menyambut baik jika Solok Selatan terpilih menjadi tuan rumah Porprov.

“Saya sudah katakan kepada Ketua KONI Solok Selatan , kalau hanya sekedar mengikuti Porprov kita sudah biasa. Namun Saya menginginkan Solok Selatan yang menjadi tuan rumah pada Porprov XVI di tahun 2022. Masyarakat bersama DPRD siap mendukung,” tegasnya.

Dia menambahkan, apapun kegiatan pasti terkait dengan anggaran.

"Menjelang 2022 mendatang kami usahakan akan mengangarkan untuk persiapan menjadi tuan rumah Porprov, selain itu kita akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk bisa membantu persiapan nantinya," ucapnya optimis.

Ketua KONI Solok Selatan Rengga Husada menyebut, Solsel telah memiliki beberapa lokasi pertandingan seperti GOR, lapangan sepakbola, futsal, gedung, dan lainnya.

“Selain itu pemerintah daerah akan membangun Sport Center, berharap dengan dukungan APBN, APBD provinsi dan kabupaten serta dari pihak ketiga bisa digunakan tahun 2022 saat Porprov dilaksanakan,” jelasnya. (rel)

Penulis: Rezka Delpiera