ASN di Balai Kota Payakumbuh Melakukan Cek Kesehatan

Cek kesehatan untuk penyakit tidak menulai bagi ASN di Balai Kota Payakumbuh.
Cek kesehatan untuk penyakit tidak menulai bagi ASN di Balai Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mendapat pelayanan cek kesehatan gratis dari Puskesmas Padang Karambia Kecamatan Payakumbuh Selatan yang melaksanakan Pos Pelayanan Terpadu pemantauan penyakit tidak menular di lantai satu Balai Kota Payakumbuh , Jumat (20/9).

Asisten II Setdako Payakumbuh menilai kegiatan tersebut penting dilakukan sebagai bagian dari pencegahan dini terhadap potensi penyakit tidak menular di tubuh ASN.

baca juga: Terungkap, Ini Motif Pelaku Pembunuh Nenek di Payakumbuh

"Kesehatan itu hal yang kecil, akan tetapi sangat berharga. Kalau kesehatan terganggu maka praktis semua aktivitas kita juga akan terganggu. Nah, upaya deteksi dini dalam kegiatan ini merupakan bagian dari menjaga kesehatan. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati," ujar mantan Kadis Kesehatan Kota Payakumbuh itu.

Diantara pemeriksaan kesehatan yang dilakukan adalah tekanan darah, cek darah lengkap seperti kolesterol, glukosa, dan asam urat, pemeriksaan kandungan CO2 dalam paru (smoke analyzer), serta pemeriksaan kanker mulut rahim (IVA Test).

baca juga: Dicokok Polisi, Tersangka Pembunuh Nenek di Payakumbuh Ternyata Orang Dekat Korban

"Nanti juga ada layanan SADARI atau periksa payudara sendiri untuk mendeteksi gejala kanker payudara yang cukup banyak terjadi dikalangan kaum ibu belakangan ini," katanya.

Mengingat kegiatan tersebut cukup penting, direncanakan cek kesehatan itu bisa dilaksanakan secara rutin setiap bulan.

baca juga: Nenek di Payakumbuh Ditemukan Meninggal Dunia di Dalam Warungnya, Polisi: Ada Luka Tusuk di Tubuh Korban

"Harapan semua ASN khususnya yang berada di Kota Payakumbuh ini terjaga dan terpantau kesehatannya," ujar Om Zet.

Sementara Kepala Puskesmas Padang Karambia, Liza Hanafiah mengatakan pihaknya sengaja mengadakan layanan di Balai Kota Payakumbuh mengingat jumlah ASN yang berdinas di situ cukup banyak.

baca juga: BNNK Payakumbuh Lakukan Tes Urine di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam

"Menurut data, ada sekitar 170 ASN yang berdinas di balai kota, sehingga kami mencoba membuka layanan di sini. Tujuannya agar para ASN dan instansi pemerintah jadi pionir kesehatan dalam upaya mendeteksi dini berbagai penyakit tidak menular yang belakangan cukup mendominasi penyakit di tengah-tengah masyarakat," terang Liza. (*)

Penulis: Taufik Hidayat