Telah Ada Pimpinan Defenitif Fraksi, DPRD Solsel Lengkap

Sekretaris DPRD Solok Selatan Mardiana Membacakan Surat dari Partai Nasdem tentang pembentukan Fraksi Nasdem
Sekretaris DPRD Solok Selatan Mardiana Membacakan Surat dari Partai Nasdem tentang pembentukan Fraksi Nasdem (Ist)

SOLOK SELATAN , KLIKPOSITIFDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) laksanakan dua Sidang Paripurna dengan agenda berbeda pada Rabu, (25/9).

"Sidang Paripurna pertama dengan agenda pengambilan Sumpah Jabatan dan pelantikan tiga orang Pimpinan Defenitif yaitu Ketua Zigo Rolanda dari Partai Golkar, Wakil Ketua I Ali Sabri Abbas dari Partai Amanat Nasional dan Wakil Ketua II Armen Syahjohan dari Partai Gerindra," Kata Sekretaris DPRD Solok Selatan Mardiana di Padang Aro, Rabu, 25/9.

baca juga: KPU Solsel Batasi Jumlah Massa Saat Pengambilan Nomor Urut Paslon

Untuk Pengambilan sumpah dan Pelantikan Tiga orang Pimpinan Defenitif tersebut katanya, dilakukan oleh Ketua pengadilan Negeri Koto Baru Solok Purnomo Hadiyanto.

Ia melanjutkan Sidang Paripurna Kedua imbuhnya, dengan agenda Pengambilan Sumpah Jabatan dan pelantikan seorang Anggota DPRD terpilih yang sebelumnya tertunda pelantikannya.

baca juga: Syukuran, Petani di Solsel Sembelih Kerbau

"Calon Anggota DPRD terpilih Sabri pada saat pelantikan Anggota DPRD beberapa waktu yang lalu sedang melakukan ibadah haji, sehingga yang bersangkutan baru dilantik hari ini setelah ada Pimpinan Defenitif", Jelasnya.

Ia mengungkapkan Pengambilan Sumpah dan pelantikan satu orang Anggota tersebut dilakukan oleh Ketua DPRD Defenitif.

baca juga: Tim Penegak Disiplin Covid-19 Solsel Sosialisasikan Perda AKB Awas : Tidak Pakai Masker bisa dikenakan Denda Atau Pidana.

"Seusai aturan yang berlaku setelah Pimpinan Defenitif terbentuk yang bertugas melantik Anggota adalah Ketua DPRD, tidak lagi Ketua pengadilan Negeri", Jelasnya.

Ia melanjutkan Dengan dilantiknya anggota DPRD Solsel dari Partai Nasdem tersebut, fraksi langsung diumumkan, karena telah menunggu dua anggota lain yang sebelumnya belum bergabung kedalam salah satu fraksi.

baca juga: Lagi, Masyarakat Solsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Fraksi terakhir yang terbentuk adalah fraksi Nasdem dengan Ketua, Mursiwal, Sekretaris Zulfikar dan Anggota H. Sabri, ketiganya dari Partai Nasdem", Jelasnya.

Saat ini katanya DPRD Solsel telah memiliki Tiga Pimpinan Defenitif dan Tujuh Fraksi, segera menyusul alat kelengkapan lainnya.

"Fraksi Golkar, Fraksi PAN, Fraksi Gerindra, Fraksi Bintang Demokrat, Fraksi PKS, Fraksi Kebangkitan Bangsa Berkarya, terakhir Fraksi Nasdem", sebutnya.

Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Ali Sabri Abbas mengatakan pihaknya berharap Minggu depan alat kelengkapan DPRD segera terbentuk.

"Semoga Komunikasi antar fraksi berjalan lancar sehingga Komisi-Komisi,Banggar, dan BK segera terbentuk sehingga fungsi DPRD Legislasi, Controling dan Budgeting dapat difungsikan", katanya.

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengatakan, seiring dengan dilantiknya pimpinan DPRD, tiga bulan kedepan di penghujung tahun ini, ada agenda besar dan penting yang sudah menunggu di depan mata, diantaranya penetapan RAPBD Solok Selatan tahun 2020.

“Ini akan menjadi agenda strategis yang menjadi perhatian bersama karena mengangkut kepentingan pelayanan publik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan sisa waktu kepemimpinannya bersama Bupati Solsel yang akan berakhir pada Bulan Maret Tahun 2021, APBD tahun 2020 menjadi APBD terakhir baginya untuk melaksanakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Bagi kami APBD 2020 sesuatu yang sangat penting untuk menyelesaikan RPJMD,” ujarnya.

Ia menambahkan, janji dengan masyarakat harus dituntaskan di tahun 2020, selain itu percepatan akselerasi program pembangunan menjadi konsentrasinya kedepan.

"Dengan adanya anggota yang baru tentu juga menjadi harapan baru bagi masyarakat solsel untuk merespon cepat pelayanan masyarakat,” imbuhnya.

Ia melanjutkan dengan dilantiknya pimpinan defenitif DPRD Solsel tentu tidak ada lagi hambatan anggota DPRD untuk menjalankan tupoksinya sebagai legislasi, controling dan budgeting. Karena dengan sendirinya alat kelengkapan DPRD akan segera ditetapkan.(Adv)

[Kaka]

Penulis: Webtorial