IMM Sumbar: Usut Tuntas Kasus Penembakan Mahasiswa

Ihya Rizqi, koordinator aksi, saat melakukan orasi di Mapolda Sumbar.
Ihya Rizqi, koordinator aksi, saat melakukan orasi di Mapolda Sumbar. (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

KLIKPOSITIF Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sumatera Barat meminta kepolisian mengusut tuntas pelaku penembakan mahasiswa yang menyebabkan korban meninggal dunia. Tuntutan ini disampaikan dalam aksi di Mapolda Sumbar , Jumat (27/9), sore.

Dua mahasasiswa Universitas Halu Oleo Kendari, Sulteng, meninggal dunia saat berdemonstrasi di Gedung DPRD Sultra, Kamis (26/9). Dua mahasiswa tersebut yakni Randi (21) dan Yusuf Kardawi (19). Salah seorang dari korban meninggal karena tembakan.

baca juga: Pengelola Wisata Serahkan Satwa Dilindungi ke BKSDA Agam

BACA JUGA: Gelar Aksi di Mapolda Sumbar , IMM Tuntut Copot Kapolda Sulteng

“Hukum pelaku penembakan seberat-beratnya,” ujar Ketua DPD IMM Sumbar , Ihya Rizqi. Tuntutan lain yang disampaikan IMM adalah meminta Kapolri mencopot Kapolda Sulteng.

baca juga: DPRD Pessel Sebut Penghentian Gedung Baru RSUD Painan Tidak Bisa Sepihak

Ihya mengatakan Randi—korban yang meninggal karena tembakan—merupakan salah seorang kader IMM. “Dia kader terbaik. Dia bergabung dengan mahasiswa lainnya melakukan demonstrasi untuk membela hak rakyat,” ujarnya.

Selain orasi, IMM melakukan salat gaib di depan Mapolda Sumbar untuk mendoakan kedua korban. Mahasiswa juga meminta Kapolda Sumbar hadir untuk mendengarkan mereka, namun hingga berita ini diturunkan, Kapolda tidak datang.

baca juga: Kasus COVID-19 di Agam Bertambah 2 Pasien

[Halbert Caniago]

Penulis: Pundi F Akbar