Set AC pada Suhu 25 Derajat Celcius = Hemat Listrik

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF  - Kini, hampir setiap perkantoran dan rumah-rumah terutama di kota-kota besar yang bersuhu udara panas telah menggunakan pendingin udara atau AC. Penggunaan AC, sebagaimana peralatan elektronik lainnya tentu tak lepas dari listrik .

Khusus bagi anda pelanggan PLN di Sumbar, saat ini kondisi kelistrikan kita sudah mencukupi. Namun, tak ada salahnya jika kita berhemat bukan?

baca juga: GM PLN Sumbar Kunjungi Wako Padang, Bahas Keandalan Pasokan Listrik yang Tersedia

Salah satu hal yang bisa anda lakukan dengan menghemat listrik adalah memperhatikan cara penggunaan AC. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah memilih AC yang memiliki fitur hemat listrik yang kira-kira hanya memakai daya 260 watt saja. Gunakan timer juga untuk mematikan AC secara otomatis saat suhu udara alam sudah lebih dingin.

Selain itu itu, anda dapat gunakan alat digital suhu agarapat memantau dinginnya AC dan menyesuaikan dengan kenyamanan pada tubuh anda. Terkadang setelah di uji dengan alat tersebut, 26 derajat celcius atau 25 derajat celcius sudah cukup bagi tubuh anda.

baca juga: Melalui Aplikasi PLN Mobile, Seluruh Layanan PLN dengan Mudah Dapat Diakses dari Genggaman Saja

AC juga punya pengatur kecepatan blower, yaitu kipas yang memutar angin pada evaporator. Anda bisa gunakan mode Low speed atau putaran rendah karena sudah cukup untuk mendinginkan ruangan, tidak usah menggunakan yang powerful atau high speed.

Terakhir, jangan sering membuka pintu saat AC menyala, apalagi dibiarkan terbuka. Ini akan membuat AC kesulitan mencapai suhu yang diperintahkan pada remote AC. Ini akan membuat pendingin kembali menghidupkan mesinnya.

baca juga: Meski di Tengah Pandemi, PLN Berhasil Cetak Laba Bersih Rp6,6 Triliun di Semester I 2021

Mari hemat energi Positifers!

Editor: Khadijah