Hadapi Revolusi Industri 4.0, Lulusan SMK Ikuti Pelatihan Digital Talent Schorlarship di PNP

(Kepala Balai Besar Pengembangan SDM Kemenkominfo Medan Irfan Samekto memberikan kata sambutan saat pembukaan pelatihan Digital Talent Schorlarship di kampus PNP, Jumat (4/10))

PADANG, KLIKPOSITIF - Kreativitas dan berpikir cerdas merupakan salah satu keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0. Agar tidak terbenam menghadapi kerasnya perubahan zaman serba digital, Politeknik Negeri Padang ( PNP ) bersama Kemenkominfo menggelar Digital Talent Schorlarship 2019.

Diikuti oleh sekitar 150 lulusan SMK , Digital Talent Schorlarship yang digelar mulai hari ini, Jumat, 4 Oktober hingga berakhir pada 31 Oktober mendatang, dibuka Kepala Balai Besar Pengembangan SDM Kemenkominfo Medan Irbar Samekto. Pada acara pembukaan tersebut, turut hadir Direktur PNP Surfa Yondri dan sejumlah staf serta dosen di lingkungan PNP .

baca juga: Mahasiswa Baru PNP Ikuti PPKMB Secara Daring

Dalam sambutannya, Irbar Samekto mengatakan Kemenkominfo menggelar pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM Indonesia di bidang Information and Communication Technologies (ICT), karena saat ini Indonesia masih tergopoh-gopoh dalam menghadapi dunia global.

Kemudian di samping itu, pelatihan ini juga merupakan amanat dari Peraturan Menteri (Permen) Kominfo No 24 tahun 2015 tentang Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Komunikasi dan Informatika.

baca juga: PNP dan Dinas Pariwisata Sumbar Teken MoU Bidang Pariwisata

"Pelatihan ini amanat dari Permen Kominfo. Jadi melalui pelatihan Digital Talent Schorlarship ini, tentunya pemerintah dapat mengantisipasi masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia, apalagi Indonesia pada tahun 2015 lalu juga telah mendeklarasikan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)," kata Irbar Samekto saat acara pembukaan Digital Talent Schorlarship di PNP .

Di Indonesia, lebih lanjut Irbar mengatakan, era digital telah menggurita. Untuk itu, Ia berharap kepada semua peserta pelatihan Digital Talent Scholarship di PNP , untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungki pelatihan ini, karena outputnya adalah para memperoleh sertifikasi kompetensi kerjasama Kemenkominfo dan Kementrian Tenaga Kerja.

baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri, PNP Kerjasama dengan 15 PTS di Lingkunhan LLDikti Wilayah X

"Maka dari itu, uji sertifikasi benchmark jangan dianggap ringan dan sebelah mata. Sertifikasi ini berguna ke depan untuk keahlian dan keterampilan kompetensi di masa akan datang. Di PNP ini saya yakin bisa 100 persen. Para peserta pelatihan jangan sampai tidak lulus. Indonesia harus maju," pintanya.

Sementara itu, Direktur PNP Surfa Yondri juga meminta agar para peserta pelatihan Digital Talent Schorlarship ini dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan kompetensi diri para peserta pelatihan, karena memang para peserta yang merupakan lulusan SMK , sebeumnya juga telah memiliki potensi sesuai dengan bidang pelatihan Digital Talent Schorlarship ini.

baca juga: Kabid SMK Disdik Sumbar: Peluang Masuk SMK Negeri Masih Terbuka

"Keterampilan mereka ini ada, dan kita hanya meningkatkan keteramilan yang mereka punya. Untuk itu, diakhir pelatihan nanti mereka akan kami uji kompetensinya. Uji kompetensi itu sebagai bukti apakah targetnya tercapai atau tidak, karena PNP dan Kemenkominfo sendiri punya target, yaitu mereka bisa melakukan sesuatu dengan keterampilan yang mereka miliki," katanya.

Kepada Kemenkominfo yang telah mengandeng PNP sebagai tempat pelatihan Digital Talent Schorlarship, Surfa Yondri mengaku bahwa ini merupakan langkah tepat, karena PNP juga konsisten untuk menghasilkan SDM yang siap bersaing menghadapi Industri 4.0. Untuk itu, Ia pun berterimakasih kepada Kemenkominfo yang kembali mempercayakan pelatihan Digital Talent Schorlarship kepada PNP .

Ketua Panitia Pelaksana Ronal Hadi merinci, pelatihan Digital Talent Scholarship yang dibuka hari ini merupakan kali kedua dilaksanakan Kemenkominfo di kampus PNP . "Pada periode pertama dilaksanakan pada Agustus lalu dengan jumlah peserta 150 orang. Kemudian pada periode yang mulai digelar hari ini, juga diikuti oleh 150 peserta," ujarnya.

Ronal menyebut, ada empat skema kompetensi dalam kegiatan ini. Yakni Junior Graphic Designer, Junior Mobile Programmer, Junior Network Adminstrator, dan Junior Web Developer. "Pelatihan Digital Talent Schorlarship ini melibatkan 10 Politeknik se-Indonesia. Salah satunya PNP . Bahkan untuk Sumatera, hanya PNP yang dipercaya Kemenkominfo untuk pelatihan Digital Talent Schorlarship Ini," pungkas Ronal.(*)

Penulis: Riki Suardi