Bupati Lampung Utara Terjaring OTT, KPK Sita Rp 600 Juta

KPK
KPK (net)

KLIKPOSITIF -- Juru Bicara KPK , Febri Diansyah menyebut tim penindakan KPK telah menyita uang sebesar Rp 600 juta terkait operasi tangkap tangan ( OTT ) terhadap Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara pada Minggu (6/10/2019) malam.

Uang ratusan juta itu diduga terkait dengan proyek di Pemeritah Kabupaten Lampung Utara.

baca juga: Termasuk Mantan Kepala Inspektorat Lima Puluh Kota, 3 Tersangka Dugaan Korupsi Transmigrasi Ditahan

"Total uang yang diamankan sekitar 600 juta. Diduga terkait dengan proyek di Pemkab Lampung Utara," kata Febri dikonfirmasi, Senin (7/10/2019) melansir suara.com.

Menurut Febri, total yang terjaring OTT itu bertambah menjadi tujuh orang. Awalnya ada empat orang yang ditangkap dalam OTT tersebut. Kini, ketujuh orang tertangkap itu sudah dibawa menuju ke Jakarta.

baca juga: Terbukti Bersalah, Mantan Direktur RSUD Rasidin Padang Divonis 6 Tahun Penjara

Tujuh orang yang ditangkap mereka dari unsur Bupati, dua Kepala Dinas dan satu orang perantara, pejabat Pemkab setingkat kepala seksi dan swasta.

"Tujuh orang tersebut langsung dibawa ke Jakarta melalui jalur darat. Tadi telah sampai di pelabuhan. Berikutnya dilakukan perjalanan menyeberangi selat sunda dan dibawa ke kantor KPK di Jakarta untuk proses lebih lanjut," ujar Febri.

baca juga: KPK Serahkan Aset Sitaan Koruptor Djoko Susilo Senilai Rp 20 Miliar ke TNI

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Laode M. Syarief menyebut kegiatan OTT yang dilakukan tim KPK di Lampung Utara berawal dari informasi masyarakat yang menyebut adanya dugaan penyerahan uang yang melibatkan pejabat daerah di sana.

"Malam ini, setelah lakukan pengecekan info dari masyarakat di lapangan, diduga ada penyerahan uang yang diperuntukkan pada Kepala Daerah setempat," kata Laode saat dihubungi wartawan, Minggu malam.

baca juga: KPK Perpanjang Masa Penahanan Bupati Kutai Timur dan Istri

Penulis: Rezka Delpiera