GAW Koto Tabang: Besok Kualitas Udara Kembali Normal Jika...

Kabut asap selimuti Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu
Kabut asap selimuti Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Stasiun Pemantau Atmosfer Global (SPAG/GAW) Bukit Koto Tabang Wan Dayantolis mengatakan bahwa pihaknya memprediksi bahwa besok, Kamis, 17 Oktober 2019 kualitas udara di Sumatera Barat akan berangsur normal. Pihaknya memperkirakan bahwa kabut asap mulai besok akan menipis.

"Kita perkirakan besok kualitas udara akan berangsur normal. Kabut asap akan menipis karena terintegasi hujan yang diperkirakan turun malam ini. Berdasarkan pantauan citra satelit, malam ini awan diutara juga sudah pekat sehingga diharapkan bisa membantu mengurangi kabut asap ," katanya saat dihubungi, Rabu, 16 Oktober 2019.

baca juga: Tanah Datar Masih Diselimuti Kabut Asap, Pemkab Liburkan Sekolah Dua Hari

Ia mengatakan kemarau yang panjang serta jeda hujan di awal September mengakibatkan adanya penambahan titk api di beberapa wilayah. "Secara komulatif sebelum hujan di Bulan September, jumlah titik panas terpantau ribuan, namun setelah hujan turun jumlahnya mulai berkurang," tuturnya.

Menurutnya, untuk wilayah Jambi dan Riau, kabut asap sudah mulai berkuran karena diiringi dengan penurunan jumlah titik panas. "Di dua daerah ini sudah mulai menipis karena jumlah titk panas sudah berkurang," tuturnya.

baca juga: Cegah ISPA, Dinkes Pessel Minta Warga Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Ia berharap kualitas udara kembali normal dan mengimbau kepada masyarakat agar menunda dulu membakar sampah dan membakar jerami sawah agar konsentrat udara tidak meningkat. "Kepada masyarakat kita imbau agar ditunda dulu bakar sampah dan jeraminya di sawah. Selain itu, aktivitas di luar ruangan juga dikurangi agar tidak terpapar kabut asap terlalu banyak. Namun jika beraktivitas di luar ruangan, tetap gunakan masker untuk antisipasi gangguan kesehatan," imbaunya. (*)

Penulis: Fitria Marlina