1.281 Mahasiswa PNP Diwisuda, Surfa Yondri: Mari Bangun Networking dengan Sesama Alumni

()

PADANG, KLIKPOSITIF - Politeknik Negeri Padang ( PNP ) mewisuda sebanyak 1.281 lulusan dari berbagai program studi. Wisuda ke 56 yang digelar pada 19-20 Oktober 2019 itu, diadakan di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) PNP .

Pada kesempatan itu, Direktur PNP Surfa Yondri meminta agar seluruh wisudawan dan wisudawati PNP untuk membangun komunikasi dengan sesama alumni, karena salah satu kunci sukses dunia kerja adalah networking sesama alumni.

baca juga: Surfa Yondri Dinobatkan Jadi Tokoh Keterbukaan Informasi Publik, PNP Jawaranya untuk Kategori PTN dan PTS

Alumni PNP , katanya, sudah tersebar ke mana-mana. Berdasarkan tracer study yang dilakukan PNP , diketahui bahwa para alumni telah tersebar di berbagai instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta nasional dan internasional.

"Untuk itu, kepada para wisudawan dan wisudawati PNP , bangunlah komunikasi dengan semua alumni lintas angkatan," kata Surfa Yondri dalam sambutan Wisuda PNP ke 56, Sabtu, 19 Oktober 2019.

baca juga: PNP Teken Kerjasama Program D-II Fast Track dengan SMK dan Industri

Prosesi wisuda yang dilaksanakan hari ini, lanjutnya, merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pendidikan yang diikuti mahasiswa di Politeknik Negeri Padang . Wisuda berarti mahasiswa telah menyelesaikan serangkaian program pendidikan dan telah siap untuk memasuki dunia kerja.

"Kami yakin dengan bekal pendidikan yang telah saudara miliki, menjadi bekal untuk memasuki dunia industri yang saat ini tingkat persaingannya sangat ketat. Berubahnya lingkungan industri yang sangat cepat menghadirkan tantangan bagi para wisudawan," ujarnya.

baca juga: Perangkat Scanner Panas Buatan PNP Diuji saat Wisuda Virtual ke-58

Indonesia, lebih lanjut Surfa Yondri menyebut saat ini berada di era Revolusi Industri 4.0.
Pada era ini teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited).

Hal itu dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi.

baca juga: Green Technology Jadi Isu Menarik iCAST 2020 yang Gelar PNP di Tengah Pandemi

Era yang diwarnai oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence), era super komputer, rekayasa genetika, teknologi nano, mobil otomatis, inovasi, dan perubahan yang terjadi dalam kecepatan eksponensial yang akan mengakibatkan dampak terhadap ekonomi, industri, pemerintahan, politik.

"Namun era ini juga menciptakan peluang yang mana kita harus jeli untuk melihat peluang tersebut. Sebagai seorang lulusan perguruan tinggi, lulusan PNP yang diwisuda hari ini jadilah SDM yang memiliki competitive advantage," harapnya.

Disebutkannya, SDM yang memiliki competitive advantage itu adalah SDM yang adaptif, fleksibel, kreatif, innovatif, menguasai IT, menguasai bahasa Internasional, komunikatif, punya sikap leadership yang tinggi, kritis dan punya kemampuan high order thinking.

"Dengan demikian, tentunya masyarakat akan semakin merasakan keberadaan PNP sebagai Perguruan Tinggi yang berperan aktif dalam membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Ditambahkannya, wisuda ke 56 PNP ini diikuti oleh 1.281 orang wisudawan dan wisudawati yang terdiri dari 190 orang lulusan Program Sarjana Terapan (Diploma IV), 845 orang lulusan Diploma III dan 246 orang lulusan Diploma II.

"Hingga kini, jumlah lulusan PNP secara keseluruhan berjumlah 19.019 orang. Kepada wisudawan dan wisudawati, atas nama pimpinan dan civitas akademika PNP , kami mengucapkan selamat atas wisuda yang dijalani ini," katanya.

"Kepada semua lulusan yang diwisuda hari ini, kami berpesan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengimbangi perkembangan kemajuan yang ada di dunia industri maupun persaingan global, dan jagalah selalu nama baik almamater," pungkasnya.(*)

Penulis: Riki