Raih WTP Murni 5 Kali Berturut-Turut, Pemkab Tanah Datar Wujudkan Pemerintahan Bersih dan Akuntabel

Sekda Tanah Datar Irwandi menerima Sertifikat WTP dari Sekretaris Ditjend Perbendaharaan Kemenkeu RI, Regina Maria Wiwieng Handayaningsih
Sekda Tanah Datar Irwandi menerima Sertifikat WTP dari Sekretaris Ditjend Perbendaharaan Kemenkeu RI, Regina Maria Wiwieng Handayaningsih (Ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali sukses meraih penghargaan tingkat nasional berupa Plakat dan Piagam atas perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) murni lima kali berturut-turut terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Penghargaan itu diserahkan Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, Regina Maria Wiwieng Handayaningsih, SH kepada Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi, S.IP. MSi pada acara Pembukaan Seminar Keuangan Peringatan Hari Oeang RI ke-73, di Ballroom Pangeran Beach Hotel Padang, Senin 21 Oktober 2019.

baca juga: LKPJ APBD 2019, Ini Tanggapan Fraksi DPRD Tanah Datar

Pada penyerahan penghargaan tersebut Pemkab Tanah Datar merupakan satu-satunya kabupaten yang menerima plakat dan piagam lima kali tahun berturut-turut sejak 2014 sampai 2018, bersama Pemerintah Provinsi Sumatra Barat.

Usai penerimaan penghargaan tersebut, Sekda Irwandi mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak, terutama BPK Perwakilan Sumbar yang telah melakukan bimbingan dan supervisi terhadap LKPD Kabupaten Tanah Datar dan juga memberikan beberapa masukan dan hal-hal terkait untuk mengarahkan agar semuanya sesuai dengan ketentuan.

baca juga: Mobil Grand Livina Terbakar di Tabek Patah Tanah Datar

"Kita bersyukur atas prestasi ini, namun tentu sekaligus menjadi tantangan ke depan agar semakin akuntabel, transparan dan bersih dalam pengelolaan keuangan daerah," tutur Irwandi yang didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah Tanah Datar Adrion Nurdal, SE, dan Kepala Inspektorat Drs. Altri Suandi.

Sekda Irwandi juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tanah Datar yang dapat menyelesaikan penyajian laporan keuangan dengan baik, benar, dan tepat waktu.

baca juga: Betty - Edytiawarman Direkomendasikan ke Pusat, Ini Tanggapan PPP Tanah Datar

“Khusus kepada Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) yang sukses menyajikan laporan keuangan daerah secara keseluruhan, sehingga dengan itu memberikan hasil yang positif dan ke depan harus terus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujarnya.
Beberapa masukan atau kekurangan yang disampaikan BPK Perwakilan Sumbar, akan ditindaklanjuti secepatnya sehingga sesuai dengan ketentuan dan dapat diimplementasikan ke setiap OPD.

“Apa yang diraih ini tentu tidak sampai disini, Insya Allah kita akan terus tingkatkan. Karena ini demi memberikan manfaat terkait pengelolaan manajemen keuangan secara keseluruhan bagi penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini," ucapnya.

baca juga: Tiga Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Total Jadi 14

Itu semua juga untuk kemajuan pembangunan dan masyarakat Tanah Datar sesuai dengan instruksi Bupati Drs. H. Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati H. Zuldafri Darma, SH, dalam mendorong seluruh perangkat daerah bekerja profesional dan mengedepankan prinsip pemerintahan yang baik.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Tanah Datar Altri Suandi mengharapkan agar pencapaian prestasi WTP ini memberikan manfaat dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang semakin baik, akuntabel dan transparan.

“Tentunya, ini juga bermanfaat bagi peningkatan kinerja Pemkab Tanah Datar secara keseluruhan,” kata Altri.
Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, Wiwieng Handayaningsih menyampaikan apresiasi kepada pimpinan daerah di Sumatera Barat, yang telah berhasil mengawal pertanggungjawaban APBN dan APBD, karena dengan ini penggunaan uang rakyat menjadi semakin akuntabel dan transparan.

"Hal ini diindikasikan dengan semakin baiknya laporan keuangan kementerian dan lembaga (LKKL)," ujarnya.
Wiwieng juga meminta instansi di pemerintah daerah di lingkup Pemprov Sumbar melakukan langkah strategis dan terobosan dalam menindaklanjuti temuan dan rekomendasi dari BPK yang sudah disampaikan. Ke depannya seluruh laporan keuangan 2019 dapat memperoleh Opini WTP.

Di tempat terpisah, Bupati Irdinansyah turut menyampaikan terima kasih kepada BPK Perwakilan Sumbar, karena telah melakukan pembinaan yang intensif, sehingga LKPD Tanah Datar dapat diterima sesuai aturan yang ada.
Secara keseluruhan Tanah Datar sudah memperoleh opini WTP delapan kali, yakni 2009, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018. Lima tahun berturut-turut merupakan WTP Murni. Tanah Datar merupakan kabupaten/kota terbanyak meraih Opini WTP di Sumbar.

Irdinansyah mengatakan dengan diraihnya penghargaan ini, pihaknya berharap komitmen ini bisa dipertahankan dan menjadi motivasi segenap jajaran pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kinerja, dan konsisten menerapkan pengadministrasian berbasis elektronik, mencakup e-planning, e-budgetting, e-monev, e-procurement, serta melahirkan inovasi-inovasi lainnya.

Bupati Irdinansyah juga menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), para camat, dan walinagari serta DPRD sebagai mitra pemerintah daerah yang telah berupaya bekerja maksimal.

“Laporan keuangan sebagai bagian pertanggungjawaban pengelolaan keuangan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa komitmen dan kerjasama dari berbagai pihak,” tuturnya. (adv)

[Irfan Taufik]

Penulis: Webtorial