Presiden Jokowi Berjanji Kunjungi Papua 2-3 Kali Setahun

Presiden Jokowi saat meresmikan Jembatan Youtefa
Presiden Jokowi saat meresmikan Jembatan Youtefa (Setkab.go.id)

KLIKPOSITIF -- Melanjutkan komitmennya sebagaimana dilakukannya pada periode pertama kepemimpinannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan terus memberikan perhatian terhadap pembangunan Papua . Salah satunya, dengan lebih sering mengunjungi Papua dan Papua Barat.

Presiden bahkan berjanji dalam periode kedua kepemimpinannya saat ini (2019-2024) akan mengunjungi wilayah Papua 2-3 kali dalam setahun.

baca juga: Salut Kinerja Penanganan COVID-19 di Sumbar, Staf Khusus Jokowi Kunjungi Gubernur

“Hitungan saya hari ini adalah yang ke-13 ke Tanah Papua , mungkin yang lain hanya dua, tiga, atau empat kali, saya sudah 13 kali. Terjemahkan sendiri artinya apa,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan usai meresmikan Jembatan Youtefa, di Kota Jayapura, Papua , Senin (28/10) siang.

Sementara terkait dengan usulan rencana pemekaran Papua menjadi 3-5 provinsi, Presiden Jokowi mengatakan, dirinya selalu melihat aspirasi dari bawah. Ia mengaku sudah menerima aspirasi itu waktu berada di Wamena, Senin (28/10) pagi, dan aspirasi-aspirasi itu nanti akan ditindaklanjuti.

baca juga: Analis Politik dan Ekonomi Ingatkan Presiden Jokowi Tentang Hal Ini

“Tapi yang jelas sampai hari ini kita masih moratorium untuk pemekaran, tapi untuk aspirasi yang tadi disampaikan kepada saya segera akan saya tindaklanjuti,” tegas Presiden Jokowi .

Harus Maju Sebelumnya saat meresmikan Jembatan Youtefa, Presiden Jokowi mengatakan, Tanah Papua harus maju seperti daerah-daerah lain di Indonesia. Ia menilai, Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi.

baca juga: Sebut Atas Nama Rakyat Papua, Siang Ini Tim Solidaritas Ebamukai Akan Kembalikan Beasiswa Veronica Rp773 Juta

“Itu adalah hal yang saya lihat setiap kali saya berkunjung ke Tanah Papua ,” ujar Kepala Negara seraya menambahkan, kalau tidak keliru hitung dirinya sudah 13 kali hadir di Tanah Papua .

Karena itu, lanjut Presiden, sudah menjadi tugas bersama untuk menjaga, untuk merawat, memajukan Tanah Papua ini. Itu pulah mengapa di periode kedua kepemimpinanannya bersama Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, kunjungan kerja pertama yang dilakukan Presiden Jokowi setelah dilantik adalah mengunjungi Tanah Papua .

baca juga: Menag: Kalau Ingin Belajar Kerukunan, Datanglah ke Papua Barat

“Semua itu saya lakukan untuk memastikan sendiri, untuk memastikan sendiri bahwa Tanah Papua dibangun dan tidak dilupakan dalam kemajuan Indonesia yang kita cintai ini,” terang Presiden.

Sumber: setkab.go.id

Penulis: Rezka Delpiera