Sepekan Operasi Zebra, Polres Pariaman Keluarkan 318 Lembar Surat Tilang

Ilustrasi
Ilustrasi (Istimewa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Sebanyak 318 lembar surat tilang diberikan oleh pihak Satlantas Polres Padang kepada pengguna jalan yang terjaring dalam Operasi Zebra 2019.

Menurut Kasat Lantas Polres Pariaman , IPTU Muhammad Sugindo, 318 lembar surat tilang tersebut merupakan hasil razia selama sepekan.

baca juga: Jumlah Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Turun di Pariaman, Ini Penjelasan Polisi

"Jumlah surat tilang hasil rekapan sejak dimulainya operasi zebra sudah ada 318 ditilang dan sebanyak enam surat teguran bagi pelanggar lalu lintas di wilayah hukum Polres Pariaman ," kata Sugindo, Selasa 29 Oktober 2019.

Lebih lanjut dikatakannya, umumnya pelanggaran yang terjadi seperti surat-surat pengendara tidak lengkap, tidak memakai helm, tidak ada kaca spion dan berboncengan lebih dari satu orang.

baca juga: Seluruh Nagari di Wilayah Hukum Polsek Sungai Limau Telah Resmi Menjadi Kampung Tangguh Nasional

"Nah selama operasi zebra ada dua jenis operasi yang dilakukan yakni sistem hunting, yakni anggota melakukan razia secara patroli di wilayah hukum Polres Pariaman dan melakukan penindakan bagi pengendara yang melanggar secara kasat mata," sebut Sugindo.

Selain itu, kata dia lagi, pihaknya juga menerapkan Sistem Stasioner yakni melakukan razia di lokasi secara bersama. Ketentuan sistem itu sesuai regulasi yang ada dan yang masuk di Wilayah Hukum Polres Pariaman .

baca juga: Ratusan Pegawai RSUD Pariaman Tuntut Direktur Mundur dari Jabatan

"Dalam hal ini, razia yang  kami lakukan tujuan nya adalah meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas. Di samping itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas," ungkap Sugindo.

Ia mengimbau agar pengendara selalu menjaga keselamatan dengan cara selalu mematuhi peraturan berlalu lintas. "Pengendara cerdas adalah pengendara yang lengkap surat menyuratnya," imbuh Sugindo. 

baca juga: Kerjasama Pemko Pariaman dan Pemko Pekanbaru Terkait Wisata dan Perdagangan Terjalin

[Rehasa]

Penulis: Iwan R