Begini Ringkasan Singkat Cara Kerja PLTU, PLTA, PLTG dan PLTS

Ilustrasi
Ilustrasi (Ist)

KLIKPOSITIFPositifers, tahukah anda bahwa untuk menikmati listrik yang kita gunakan sekarang ini semuanya dimulai dari pembangkitan listrik ?

Pembangkit listrik pada dasarnya adalah generator yang memproduksi listrik untuk dihantarkan oleh jalur transmisi dan distribusi hingga sampai ke konsumen. Untuk dapat menghasilkan listrik maka generator harus diputar, sistemnya menggunakan medan magnet yang bergerak dapat menghasillkan listrik .

baca juga: Wah! Program Diskon Tambah Daya Listrik "SUPER WOW" Tembus 367 Ribu Pendaftar

Pemutar dari generator ini bisa bermacam-macam jenisnya. Bentuknya bisa berupa mesin motor bakar, turbin angin, turbin air, turbin uap, atau mesin gas.

Berdasarkan cara atau jenis alat yang digunakan untuk memutar turbin ini, pembangkit listrik dibedakan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), dan PLTG dan lainnya.Kali ini kita akan membahas perbedaan PLTA, PLTU, PLTG dan PLTS:

baca juga: PLN Sumbar Gelar Webinar Program Super Merdeka Bersama Pelaku UMKM/IKM

1. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
Pembangkit ini menggunakan tenaga dari uap air untuk menggerakkan turbin. Prinsipnya adalah memanaskan air. Air berubah menjadi uap dan uap bertekananan akan memutar turbin. Di Indonesia, PLTU selalu menggunakan batu bara sebagai sumber energi untuk memanaskan air.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
Pembangkit listrik ini menggunakan energi kinetik dari aliran air untuk memutar turbin. Sebagaimana kita ketahui bahwa aliran air akan selalu mengarah kebawah, prinsip inilah yang digunakan oleh PLTA. Secara garis besar ada dua jenis PLTA berdasarkan aliran airnya yaitu Run Of River atau menggunakan aliran air sungai secara langsung dan jenis PLTA dam yaitu PLTA yang menggunakan bendungan untuk menampung air sebelum diarahkan ke turbin air.

baca juga: Terus Kenalkan Electrifying Lifestyle ke Masyarakat, Dua Molis Dipajang di Kantor PLN Sumbar

3. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)
Pembangkit Listrik Tenaga Gas menggunakan mesin berbahan bakar gas untuk memutar generator. Jenis mesinnya adalah mesin pembakaran dalam.  

4. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
Pembangkit listrik tenaga surya menggunakan sel surya sebagai sumber tenaga listrik . Berbeda dengan pembangkit jenis lain yang menggunakan tenaga pemutar dan generator, PLTS tidak menggunakan generator dan prime mover sebagai untuk menghasilkan listrik melainkan dari reaksi foton pada sel surya.

baca juga: Pencari Kerja Diminta Waspada Terhadap Penipuan Rekrutmen Mengatasnamakan PLN

Sumber: satuenergi.com

Editor: Khadijah