Kemenpora: Anggaran SEA Games Aman

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) mengkalim telah memenuhi tambahan angaran SEA Games 2019 yang diajukan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto menjelaskan pihaknya telah menutup sebagian besar tambahan anggaran Rp17 miliar.

baca juga: Kemenhub Bikin Aturan Bersepeda, Ada 7 Perangkat Wajib Sebelum Gowes di Jalanan

Anggaran itu merupakan tambahan biaya akomodasi atlet dan ofisial di ajang SEA Games 2019 Filipina.

Sebelumnya Kemenpora telah menganggarkan Rp 47 miliar. Namun, KOI meminta jumlah itu dinaikkan menjadi Rp 64 miliar lantaran bertambahnya jumlah kontingen.

baca juga: Kementerian PUPR Tingkatkan Pembelian Karet Untuk Campuran Aspal

Indonesia awalnya hanya mengirim 45 cabang olahraga ke SEA Games 2019. Seiring berjalannya waktu, ada tambahan empat cabor yang didaftarkan.

Antara lain sailing, fencing, underwater hockey, dan floorball.

baca juga: NOAH Rilis Lagu Baru "Menemaniku", Ini Lirik Lagunya

"Aman kok, pokoknya jarak (kekurangan Rp 17 miliar) sudah tertutup. Sudah terpenuhi. Tadinya kan Rp 47 miliar, permintaaannya jadi Rp 64 miliar, pokoknya jarak itu sudah diperkecil," ujar Gatot di Gedung Kemenpora , Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019).

"Namun, jumlah Rp 64 miliar itu kan harus diverifikasi dahulu, apakah memang dibutuhkan semuanya atau tidak," sambungnya.

baca juga: Dua Bulan Berlayar, Kapal Nelayan Ini Simpan Mayat ABK Dalam Freezer Ikan

Dengan kepastian penambahan jumlah anggaran, seluruh atlet dan kontingen dijamin Gatot akan berangkat menggunakan uang negara, tanpa adanya bantuan dari sponsor atau dana pribadi cabor.

"Kami memenuhi apa yang diminta. Kontingen terjamin semua, tidak ada uang dari luar," tegas Gatot.

Dikonfirmasi terpisah, Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warganegara menyambut positif kabar dari Kemenpora .

Kendati belum menerima laporan terkait berapa jumlah pasti tambahan anggaran SEA Games 2019, ia menyebut kabar itu menjadi angin segar bagi kontingen Indonesia.

"Saya juga baru tahu dari media. Terkait jumlah tambahan anggaran saya juga belum mendapat laporan. Intinya kita tetap siap kalau memang jumlah tambahan anggarannya kurang," ujar Harry.

"Kita kan di KOI juga sudah ada sponsor antara lain seperti Walls dan Go-Jek. Itu akan kita gunakan untuk memberangkatkan ofisial bila memang dana tambahan tak mencukupi," pungkasnya. (*)

Penulis: Eko Fajri