Bawaslu Limapuluh Kota Buka Lowongan Kerja, Ini Jadwal Pendaftarannya

Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yori Asra.
Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yori Asra. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF -- Dalam rangka melaksanakan tugas fungsi pengawasan tahapan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota memastikan akan segera melakukan rekruitmen pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada pertengahan November ini.

Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota , Yoriza Asra menyebut, pembentukan panitia ad hoc sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor: 0883/K. BAWASLU/KP.01.00/XI/2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwas Kecamatan Tahun 2019.

baca juga: Tinjau Alat Peringatan Dini Gempa, Ini Pesan Bupati Irfendi Arbi

Tahap awal, Bawaslu melakukan pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) serta melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait persyaratan dan tatacara mengikuti proses seleksi. Kemudian, membuat pengumuman, menerima pendaftaran, penelitian administrasi, tes tertulis, wawancara, meminta tanggapan masyarakat hingga penetapan panitia pengawas kecamatan terpilih.

Untuk pendaftaran dan penerimaan berkas calon Panwascam akan mulai dibuka pada 27 November sampai 3 Desember 2019.

baca juga: "Camping Menggulai Kambing" Cara Pemuda Kayu Kolek Pulihkan Kembali Pariwisata

"Kami berharap kawan-kawan media juga ikut menginformasikan ke masyarakat kita terkait proses rekruitmen ini. Khusus putra - putri dan pemuda terbaik yang memenuhi persyaratan agar mempersiapkan diri mengikuti seleksi Panwascam ini," ajak Yoriza didampingi Komisioner Bawaslu, Ismet Aljannata dan Zumaira.

Tahapan pendaftaran kepada Pokja akan dilaksanakan pada tanggal 27 November-3 Desember 2019. Sedangkan pengumuman persyaratan pendaftaran calon anggota Panwascam bakal diumumkan pekan depan, sekira tanggal 13-26 November 2019.

baca juga: Booming Sepeda Sanki di Payakumbuh, Minions Rider Restorasi Sepeda Jadul Jadi Trendi

"Retkruitmen akan dilaksanakan secara terbuka," katanya.

Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada, Bawaslu berkomitmen akan melibatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan tahapan pemilu.

baca juga: Alasan Keselamatan, Belajar Tatap Muka di Lima Puluh Kota Diundur

"Silahkan nanti diakses, pengumuman ini akan kita sampaikan di media massa, media sosial dan website resmi kami. Mari sama-sama kita kawal dan sukseskan setiap tahapan pesta demokrasi Pilkada 2020 mendatang," imbuh Yoriza Asra. (*)

Penulis: Taufik Hidayat