Nasrul Abit Absen saat Pessel Penyelenggara TdS 2019, Ada Apa?

Wagub Sumbar Nasrul Abit
Wagub Sumbar Nasrul Abit (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mulai dari etape 1 hingga enam tidak pernah absen menyambangi daerah-daerah yang menjadi start atau finish pembalap Tour de Singkarak 2019.

Namun berbeda saat perhelatan balap sepeda Internasional itu sampai di Kabupaten Pesisir Selatan. Dua kali item (star dan finish) mantan Bupati Pessel dua periode itu tidak hadir selama kegiatan.

Pesisir Selatan masuk pada etape 8 Sungai Penuh - Pessel pada Sabtu, 9 November 2019 dan etape 9 Pessel - Kota Padang (10/11). Tidak diketahui alasan pasti apa yang membuat Wagub Sumbar itu absen pada saat Pessel penyelenggara.

baca juga: Bungo dan Merangin Jambi Menyatakan Ikut TdS 2020

Banyak anggapan karena kurang harmonisnya hubungan Nasrul Abit dengan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. Anggapan itu ditepis Kabag Analisa dan Kerja Sama Media Zardi Syahrir. "Wagub Acara di Padang," ujarnya singkat.

Sedangkan informasi resmi dari Biro Humas Sumbar kegiatan Wagub Sumbar pada Sabtu 9 November 20191 itu, Pukul 08.30 WIB Membuka Acara Pelaksanaan Kegiatan Pekan Olah Raga dan Seni Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (PORSI FK-IJK) Tahun 2019 di Lapangan GOR Haji Agus Salim

baca juga: Wagub Sumbar: Kekurangan dan Kelemahan TdS Diperbaiki Bersama

Kemudian malam, Pukul 20:00 WIB
Menuju Istana Bung Hatta, Bukittinggi, dan esoknya pada Minggu/10 November akan menghadiri Tausiyah dari Ustad Abdul Somad. Dari jadwal tersebut seharusnya ada ruang bagi Nasrul Abit hadir saat pembalap finish di Pessel.

Selanjutnya, Minggu, 10 November 2019, Pukul 04.30 WIB Menghadiri Tabliqh Akbar Ustad Abdul Somad di Masjid Jami' Tarok Bukittinggi. Dari Bukittinggi Pukul 08.00 WIB Menghadiri Upacara Hari Pahlawan di Halaman Kantor Gubernur.

baca juga: Berbarengan dengan Pilkada, TdS 2020 Terancam Batal Diselenggarakan

Kemudian pukul 13:30 WIB Menghadiri penutupan TdS 2019 di danau cimpago, Padang. Malamnya, pukul 19:30 WIB Menghadiri dan Membuka Acara Uni Duta Wisata di Rocky Hotel, Padang.

Untuk diketahui pembalap Jamalidin Novardianto yang berhasil menjadi yang tercepat pada etape VIII Tour de Singkarak. Pembalap Australia Jesse Ewart mempertahan gelar juara Tour de Singkarak (TdS). Ia menjuarai TdS 2019, sebagaimana tahun sebelumnya, setelah menyelesaikan etape 9 TdS antara Pantai Carocok (Pesisir Selatan) dan Pantai Padang. (*)

baca juga: Evaluasi TdS, DPRD Sumbar: Jangan Lagi Ada Aspal Satu Malam

Penulis: Joni Abdul Kasir