Payakumbuh Run Telan Anggaran Rp357 Juta

konferensi pers Payakumbuh Run 2 2019.
konferensi pers Payakumbuh Run 2 2019. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menganggarkan dana sebesar Rp357 juta untuk menggelar event Payakumbuh Run 2, Minggu (17/11) nanti. Jumlah itu naik dibandingkan Payakumbuh Run tahun lalu yang menelan anggaran Rp250 juta.

Naiknya anggaran penyelenggaraan itu juga berdampak terhadap total hadiah yang disediakan. Tahun lalu, total hadiah Payakumbuh Run adalah sebesar Rp148 juta. Sedangkan tahun ini jumlah itu naik menjadi Rp167 juta.

baca juga: Tidak Terawat, UMSB Rencana Bangun Replika Markas Syafruddin Prawiranegara di Koto Tinggi Limapuluh Kota

"Total anggaran Payakumbuh Run 2 2019 adalah Rp357 juta, termasuk untuk hadiah Rp167 juta," jelas Staf Ahli Pemko Payakumbuh , Elfriza Zaharman didampingi Plt Disparpora Payakumbuh , Andiko Jumarel, Rabu (13/11).

Sementara Event Organizer (EO) Payakumbuh Run 2019, Andi mengatakan, target peserta adalah sebanyak 2.000 orang. Sebanyak 700 orang untuk peserta 10 K dan 1.300 orang untuk 5 K.

baca juga: Ratusan Massa Payakumbuh dan Lima Puluh Kota Bakal Ikuti Aksi Penolakan RUU HIP di Padang

"Sampai sejauh ini, peserta yang mendaftar untuk 10 K sudah 474 orang. Sedangkan untuk 5 K sebanyak 1.156," terang Andi.

Payakumbuh Run 2019 akan dibagi dalam lima kategori. Untuk kategori 10 K dibagi dalam tiga kategori, yaitu kategori closed untuk pelari nasional, 10 K open untuk pelari luar negeri, 10 K master untuk pelari senior. Selanjutnya untuk 5 K dibagi dalam kategori closed dan kategeori student atau pelajar.

baca juga: Sama dengan Salat Idul Fitri, Pemko Payakumbuh tak Fasilitasi Salat Idul Adha Tahun Ini

"Untuk pendaftaran gratis. Namun setiap peserta disedikan jersey, t-shirt, dan nomor punggung," tambah Andi.

Berdasarkan jadwal yang disusun, start 10 K akan dilaksanakan pukul 6.45 WIB dengan rute Ngalau Indah - Jalan Soekarno Hatta - Tugu Adipura Jalan Jendral Sudirman - putar balik Simpang Benteng - Tugu Adipura - Jalan Soekarno Hatta - Finish di Ngalau Indah.

baca juga: Tak Yakin Tuntas di Masanya, Riza Falepi Ingin Jadi yang Memulai Pembangunan Masjid Raya Payakumbuh

Sedangkan untuk kategori 5 K direncanakan start pukul 7.00 WIB dari Ngalau Indah - Jalan Soekarno Hatta - putar balik di Tanjung Gadang Koto Nan Ampek - Soekarno Hatta - finish di Ngalau Indah. (*)

Penulis: Taufik Hidayat