KPU Sumbar Targetkan 77, 5 Persen Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020, Sosialisasi di Medsos

Anggota KPU Divisi Sosialisasi Gebriel Daulay
Anggota KPU Divisi Sosialisasi Gebriel Daulay (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menargetkan partisipasi pemilih 77,5 persen pada pemilihan kepala daerah tahun 2020 yang akan datang.

Untuk mencapai target tersebut KPU Sumbar akan memanfaatkan media sosial (Medsos) sebagai wadah sosialisasi.

BACA JUGA : KPU Sumbar: Oktober Mestinya Masuk Tahapan Sosialisasi

Anggota KPU Divisi Sosialisasi Gebriel Daulay mengatakan, target 77,5 persen tersebut lebih tinggi jika dibandingkan pemilu legislatif dan pemilu presiden pada 17 April 2019 sebesar 75 persen. Target partisipasi pemilih pada pilkada 2020 ini juga sesuai dengan target yang ditetapkan oleh KPU RI.

baca juga: Pilkada 2020, KPU Kota Solok Habiskan Anggaran 7,8 Miliar Lebih

"Kami optimis dapat mencapainya, dengan melakukan sosialisasi yang berkelanjutan dan ritmenya akan stabil nantinya. Artinya, tidak ada agenda sosialisasi yang padat di bulan-bulan tertentu dan sepi di bulan lainnya karena kami mencoba menjaga agar sosialisasi tetap ada terus," jelas Gebriel Rabu 13 November 2019 di Padang.

Dia mengatakan, KPU akan melakukan sosialisasi sesuai dengan kebutuhan pemilih. Mengingat struktur pemilih saat ini adalah pemilih pemula, maka KPU akan mengoptimalkan pemanfaatan media sosial, bekerjasama dengan influencer (seseorang yang memiliki followers atau pengikut yang banyak di media sosial).

baca juga: Pelantikan Gubernur Sumbar Terpilih, Pj: Menunggu Keppres

"Nanti itu yang akan kami jadikan mitra strategis membuat konten dan menyebarkan konten sosialisasi dan pendidikan pemilu ke pemilih pemula dan pemilih muda," sambung dia.

Dari 3,7 juta jumlah pemilih di Sumbar 26,9 nya adalah pemilih pemula dan pemilih muda. Makanya KPU lebih konsen untuk melakukan sosialisasi ke media sosial yang banyak digunakan oleh anak muda.

baca juga: KPU Lima Puluh Kota Segera Tetapkan Paslon Safari Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

"Seperti instagram, twitter, facebook, youtube dan yang lainnya. Kami juga akan memperbanyak kegiatan lomba yang bisa menjadi wadah ekspresi anak muda," tambah dia.

Lomba tersebut seperti pembuatan film pendek terkait pilkada, lomba foto, karya jurnalistik, vlog, maskot, mural, dan banyak lagi lomba lainnya yang akan diadakan termasuk di kampus.

baca juga: KPU Solsel Tetapkan Khairunas-Yulian Efi Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

"Melalui perlombaan ini kami berharap target sosialisasi tercapai, dan dengan lomba ini juga dapat menarik pemilih pemula dan pemilih muda. Serta memberikan pendidikan pemilu yang cukup bagi pemilih muda dan pemula," pungkas Gebriel. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir